Sukses

Cara Penularan Herpes Simpleks

28 Dec 2015, 21:04 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok, saya ingin bertanya seputar penyakit herfes simplek 2 yg terjadi pada kelamin, apa dengan saya merawat langsung dan tinggal serumah dengan penderita herfes maka penularan semakin besar terjadi? saya merasa takut dok, saya khawatir dengan diri saya,tetapi saya harus merawat dan tidak bisa menghindar karna penyakit itu terjadi pada ibu saya :'( mohon untuk menjelaskan secara rinci :( terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Herpes simpleks virus (HSV) tipe 1 dan 2 adalah kelompok virus dari famili Herpesviridae yang dapat mengakibatkan infeksi di manusia. HSV merupakan neurotropik dan neuroinvasif virus yang berarti mereka termasuk jenis virus yang dapat memasuki sistim saraf manusia.

Transmisi atau penularan virus tersebut terjadi akibat kontak dengan orang yang terinfeksi yang menularkan virusnya melalui cairan tubuh, baik ludah ataupun cairan yang keluar dari kemaluan.  HSV terdiri atas HSV-1 dan HSV-2. HSV-1 umum terjadi pada daerah wajah, sedangkan HSV-2 lebih sering berkaitan dengan herpes genital. Namun terkadang terjadi kekacauan tipe dikarenakan terjadinya oral seks, sehingga jenis virus HSV-2 dapat terjadi di mulut.

HSV merupakan virus yang sangat menular. Namun harap diingat bahwa penularannya melalui cairan tubuh. Karena itu hindarilah memakai baju, handuk, alat yang sama dengan yang dipakai ibu Anda. HSV itu sendiri tidak mengancam nyawa.

Tingkatkan kekebalan tubuh Anda dan keluarga dengan asupan nutrisi cukup, istirahat cukup, dan berolahraga secara teratur. Virus HSV akan mudah menular pada mereka dengan kekebalan rendah

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar