Sukses

Luka Abrasi Akibat Kecelakaan

24 Nov 2015, 19:17 WIB
Pria, 30 tahun.

Halo Dokter. Nama saya Setyo, saya mengalami kecelakaan jatuh dari motor sehingga mengakibatkan terkelupasnya kulit ari telapak tangan dan bbrp luka gesekan di sekitar lengan dan lutut. Pertanyaan saya, bgmn mengembalikan kulit ari telapak tangan saya yang terkekupas dan bagaimana mengembalikan kulit pada bagian yang mengalami luka gores. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Adanya bagian kulit yang hilang akibat goresan dengan permukaan yang kasar disebut dengan luka abrasi. Pada jenis luka ini perlu ditentukan kedalaman luka (seberapa dalam bagian kulit yang hilang). Jika kerusakan kulit yang terjadi hanya bagian permukaan saja, sedangkan jaringan dibawahnya tidak mengalami kerusakan, maka umumnya luka cenderung aman dari infeksi, sehingga dapat sembuh dengan baik.

Namun, pada abrasi yang cukup dalam, lebar, dan kotor (aspal dan kerikil atau benda asing lain menempel), maka mempunyai resiko infeksi sehingga pertolongan pertama pada luka menjadi bagian yang penting dalam penyembuhannya.

Pertolongan pertama pada luka abrasi yang kotor adalah dengan melakukan pencucian luka menggunakan cairan disinfektan ringan untuk mencegah terjadinya infeksi. Kemudian  untuk melindungi luka, bagian tersebut harus dibalut perban.

Tindakan ini sebaiknya dilakukan oleh petugas kesehatan yang terlatih. Untuk itu sebagai pertolongan pertama, anda perlu segera datang kepada dokter terdekat.

Luka abrasi yang baik akan mengering menjadi krusta / koreng (ini merupakan bentuk perlindungan alami dari tubuh). Di bawah lapisan koreng tersebut, terjadi pertumbuhan jaringan baru dari arah tepi menuju bagian dalam, dan luka akan perlahan menutup. Setelah beberapa hari, koreng tersebut akan terkelupas dengan sendirinya dan kulit baru akan tampak. Sebaiknya jangan memaksa melepas koreng sendiri karena justru menyebabkan luka baru pada jaringan kulit yang belum sempurna dibawahnya. Awalnya, kulit baru ini akan tampak agak merah dan perlu dirawat dengan benar agar dapat sembuh secara menyeluruh.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar