Sukses

SIndrom Premenstruasi

06 Jul 2015, 10:12 WIB
Wanita, 26 tahun.

Apakah gejala PSM selalu diseratai payudara nyeri?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com

Sindroma premenstruasi adalah gejala yang terjadi sebelum atau selama fase menstruasi, yang merupakan kombinasi dari fisikal distres, psikologikal, dan atau perubahan tingkah laku, dimana gejala tersebut sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hal ini terjadi karena perubahan hormonal di tubuh yang memang kerap dialami oleh wanita ketika menstruasi. Kelelahan bukanlah penyebab namun dapat merupakan pencetus yang memperberat gejala. Selain kondisi yang lelah, stres atau pikiran juga dapat memperberatnya. Gejala tipikal PMS muncul sekitar 2 minggu sebelum waktu menstruasi berikutnya, semakin memburuk seiring dengan dekatnya waktu menstruasi, dan membaik setelah menstruasi. Hal tersebut wajar terjadi dan tidak berbahaya.  

Gejala PMS tidak selalu disertai nyeri payudara. Menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai. 

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit. 

Yang dapat Anda lakukan adalah modifikasi gaya hidup dengan nutrisi seimbang dan olahraga teratur untuk melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca artikel kami mengenai Sindroma Premenstruasi di :

Mitos vs Fakta PMS

Makanan untuk Ringankan Gejala PMS

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar