Sukses

Anak Diare Setelah Diberi Pencahar

24 Dec 2015, 09:21 WIB
Wanita, 2 tahun.

Anak sy sudah 4 hari tdk BAB,sy beri microlax kurang dari setengah tube (sedikit saja),keesokan hari anak sy baru BAB,setelah itu anak sy selalu BAB seperti diare,,sudah 2hr seperti diare itu,apakah berbahaya dok?apa tindakan sy,harus diberi apa utk menghentikan diare nya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada anak-anak, sulit buang air besar atau konstipasi diartikan sebagai buang air besar yang jarang (kurang dari 3 kali dalam seminggu), buang air besar yang menyebabkan rasa sakit, atau kedua-duanya yang telah terjadi selama 2 minggu lebih.

Pada anak usia 1-3 tahun, sulit buang air besar dapat disebabkan karena kurangnya asupan cairan, belum terbentuknya kebiasaan untuk buang air besar yang teratur dan adanya gangguan pada daerah bokong seperti penyakit ruam popok.

Penanganan sulit buang air besar pada anak-anak perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Bila konstipasi tidak disebabkan karena suatu masalah kesehatan yang serius, maka Anda dapat mencoba beberapa hal berikut:

  1. Memberikan makanan-makanan tinggi serat untuk anak-anak seperti gandum, buah, dan sayur.
  2. Meningkatkan asupan cairan bagi anak.
  3. Menghindari konsumsi susu sapi dan produk susu sapi (keju, es krim). Konstipasi dapat diperparah karena proses mencerna protein susu sapi.

Sedangkan penggunaan obat pencahar, suplemen serat dan pelunak kotoran secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada kerja saluran cerna. Memang sebaiknya pengunaan obat-obatan ini hanya dengan konsultasi dan pengawasan dokter.

Untuk itu, saat ini akan lebih baik jika anak Anda diperiksakan langsung kepada dokter spesialis Anak. Dikhawatirkan adanya gangguan pada saluran cerna sehingga anak anda kini mengalami diare.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar