Sukses

Pertumbuhan Adik Lambat ?

24 Dec 2015, 09:01 WIB
Pria, 20 tahun.

dok daya mau bertanhya . saya punya adik usia 16tahun tapi pertumbuhan dia kurang begitu cepat . tidak secepat pertumbuhan saya .menurut dokter bagaimana cara mengatasinya. tru.akasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Saat ini usia adik Anda 16 tahun, pertumbuhan apa yang Anda maksud?

Terdapat Kurva atau tabel pertumbuhan anak yang memberikan gambaran besar mengenai pertumbuhan fisik anak. Sehingga untuk mengetahui pertumbuhan adik Anda, diperlukan data tumbuh kembangnya sedari kecil. Tidak bisa hanya membandingkan individu satu lainnya karena tumbuh kembang seseorang banyak faktor yang mempengaruhinya.

Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan dengan masalah perubahan dalam ukuran fisik seseorang. Sedangkan perkembangan (development) berkaitan dengan pematangan dan penambahan kemampuan (skill) fungsi organ atau individu. Kedua proses ini terjadi secara sinkron pada anak dan bervariasi dengan kecepatan pencapaian yang berbeda.

Faktor-faktor yang mempengaruhi proses tersebut, di antaranya faktor genetik atau keturunan, hormonal, dan lingkungan. Faktor lingkungan terdiri atas status nutrisi atau gizi, hormonal, kondisi sosioekonomi, psikososial, hingga adakah penyakit yang diderita.

Penyakit ringan, atau perubahan pola makan juga dapat mengakibatkan sedikit penurunan.

Jika faktor resiko pada adik anda telah dikenali maka akan mempermudah untuk mengatasi penyebab keterlambatan pertumbuhannya. Untuk itu, Saat ini akan lebih tepat jika adik anda diperisakan langsung kepada dokter untuk mengetahui kondisi pertumbuhannya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar