Sukses

Gigi Depan Yang Besar

20 Nov 2015, 20:53 WIB
Wanita, 28 tahun.

dok saya mempunyai 2 gigi depan yg besar. bagaimanakah caranya untuk menangani masalah ini? dan berapakah biaya yang harus saya siapkan? terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mengenai Keluhan Anda, terdapat  alternatif cara sebagai solusinya, yang sebetulnya mengorbankan jaringan gigi yang masih sehat namun masih lebih minimally invasive, dibandingkan gigi tersebut dicabut seluruhnya. Alternatif perawatan tersebut adalah pembuatan mahkota tiruan (crown) porselen atau metal porselen pada gigi tersebut, dimana seluruh permukaan gigi akan diasah lalu ditutup dengan mahkota tiruan dengan begitu ukuran, posisi dan kemiringan gigi dapat diperbaiki namun tentu ada batasan hingga seberapa banyak pengasahan boleh dilakukan. Crown berbahan porselen sangat baik secara estetik karena warnanya dapat dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai gigi asli, namun kekurangannya adalah crown dari porselen bersifat abrasif bagi gigi lawannya (dalam hal ini gigi bawah)

Selain itu ada juga prosedur perawatan yang disebut labial veneering, yang prinsipnya gigi tersebut tetap harus diasah namun yang diasah hanya permukaan depan yang terlihat saat pasien tersenyum, kemudian permukaan tersebut direstorasi dengan bahan tambal sewarna gigi yaitu resin komposit yang juga memuaskan secara estetik.

Bila gigi memang terlalu besar, ada kemungkinan gigi tersebut dirawat saluran akar terlebih dulu karena gigi yang besar berarti memerlukan pengasahan yang lebih banyak. Dikhawatirkan pengasahan tersebut akan mengenai ruang pulpa yang berisi syaraf dan pembuluh darah, sehingga terlebih dulu dilakukan perawatan saluran akar yang disengaja (intentional endodontic treatment) untuk mematikan syaraf gigi baru setelah itu dibuatkan mahkota tiruan pasak.

Pada dasarnya alternatif perawatan yang dapat dilakukan bergantung dari kondisi gigi secara keseluruhan, dan sejatinya dokter gigi (bukan pasien) yang menentukan perawatan apa yang sebaiknya dilakukan tentunya berdasarkan pertimbangan profesional dokter gigi yang diambil secara medis dan berorientasi pada kepentingan pasien, namun tetap harus dengan persetujuan pasien. Informasi yang kami sampaikan di atas tidak dapat menggantikan pemeriksaan dokter gigi secara langsung, oleh karena itu ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi terpercaya yang berpraktek di lingkungan tempat tinggal Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar