Sukses

Sakit Pada Siku dan Leher Panas Saat Didepan Layar
20 Nov 2015, 18:58 WIB
Pria, 41 tahun.

tangan kiri saya klo di tekuk terasa nyeri pas disikunya trus klo kena benturan pas di siku tersa sakit.. leher sebelah kiri terasa panas klo saya duduk terlalu lama di depan leptop... mks dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Untuk keluhan Nyeri pada siku tangan, Sebenarnya sulit bagi kami untuk menegakkan diagnosis hanya berdasarkan cerita yang Anda berikan. Terlebih keluhan yang Anda berikan adalah keluhan muskuloskeletal yang memerlukan pemeriksaan langsung. Keluhan nyeri pada tangan dapat disebabkan oleh masalah pada  komponen-komponen yang menyusunnya seperti tulang, otot, sendi, saraf atau ligamen (jaringan fibrosa yang menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya). Sayang informasi yang kami dapatkan masih sangat terbatas, mengingat perlunya dilakukan wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisis langsung dan penunjang (sesuai indikasi) untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Akan tetapi, terdapat beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan keluhan nyeri seperti yang Anda alami, yaitu:

  1. Regangan hingga robekan pada otot atau ligamen akibat trauma pada siku tangan

  2. Peradangan dan pembengkakan jaringan yang mengelilingi otot-otot terkait akibat penggunaan otot secara berlebihan (tendonitis).

  3. Fraktur/patah tulang

  4. Pembentukan kista ganglion (jarang menyebabkan nyeri)

  5. Penyakit seperti arthritis atau septik arthritis

  6. gangguan pada saraf ulnaris, dan lain sebagainya

Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda rasakan, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf. Bagaimanapun, diperlukan komitmen dan kerjasama yang baik antara Anda dan dokter untuk menjalankan serangkaian pemeriksaan dan terapi yang harus dilakukan agar hasil yang didapatkan menjadi lebih optimal.

Sedangkan keluhan pada leher disaat anda duduk lama didepan layar, merupakan suatu keluhan yang cukup sering muncul. Pada sebagian kasus memang  nyeri pada leher merupakan suatu kondisi yang tidak perlu dikhawatirkan namun pada beberapa individu nyeri pada leher menjadi suatu keadaan yang sangat menggangu.

Cara mengatasi nyeri pada leher di rumah :

  • Bila sangat nyeri, Anda dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk nyeri seperti parasetamol, ibuprofen atau beberapa anti-nyeri yang dapat dioles.
  • Cobalah untuk mengompres leher dengan kompres panas dan dingin à dapat mengurangi nyeri dan kekakuan otot.
  • Tidur dengan jumlah bantal yang tidak tinggi à cobalah untuk tidur dengan 1 bantal saja, hindari tidur dengan 2 atau 3 bantal selama masih ada nyeri dan kaku leher
  • Coba periksa postur tubuh Anda saat duduk, cobalah untuk selalu bersender dan tegap, namun hindari postur terlalu kaku.
  • Hindari menyetir mobil selama leher Anda kaku dan nyeri.
  • Bila leher nyeri disebabkan oleh otot yang terkilir coba untuk lakukan olahraga leher seperti gerakkan kepala Anda ke atas dan ke bawah serta gerakkan kepala ke samping kiri dan kanan.
  • Bila Anda sudah lama bekerja depan komputer, coba istirahat sejenak untuk melemaskan otot-otot pada leher.
  • Koreksi posisi duduk Anda jika beraktivitas di depan komputer dalam waktu lama. Pastikan posisi duduk Anda baik dan benar. Untuk mengetahui lebih lanjut simak video Klikdokter berikut ini mengenai posisi tubuh yang baik dan benar dalam beraktivitas di kantor dan keseharian, klik disini.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar