Sukses

Cara Agar Berat Badan Bayi Bertambah

18 Dec 2015, 12:24 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok,.cara menaikkan bb bayi gimna ya dok? dan cara melatih duduk anak gimana. anak saya sudah.9 bln tpi belum bisa duduk? normalkah dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda.

Berapa berat badan bayi Anda? apa jenis kelaminnya? bagaimana pengaturan makan nya saat ini? adakah kesulitan makan pada bayi Anda? Adakah gejala gangguan pencernaan; muntah / diare?

Melewati usia 6 bulan, maka penting untuk memperhatikan pemberian MPASI pada bayi Anda Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pada usia 6-9 bulan, dimulai makanan tambahan pendamping dari yang cair terlebih dahulu (susu formula) ditambah makanan halus seperti bubur susu, buah, dan sayuran. Makanan ini dihaluskan dan dimasak (tim halus). ASI dianjurkan diteruskan selama 1 tahun kehidupan. Bahkan jika memungkinkan untuk diteruskan hingga 2 tahun, justru hal ini lebih baik bahkan karena bayi mendapat manfaat yang lebih banyak.

Pada usia 9-12 bulan, konsistensi makanan menjadi makanan semi-padat atau disaring, istilahnya tim saring. Usia ini kombinasi antara bubur susu, buah, tim saring. Makanan ini diberikan dengan tujuan untuk melatih kemampuan pergerakan rahang atas dan bawah dan melatih kemampuan mengunyah (penggunaan gigi apabila sudah ada). Selanjutnya dapat disajikan makanan dengan tekstur padat atau kasar.

Berikut adalah artikel tambahan untuk menambah informasi Anda, disertai panduan pemberian makan dan contoh makanan pada bayi:

0 Komentar

Belum ada komentar