Sukses

Efek Samping Steroid Dalam Obat Penggemuk Badan

19 Nov 2015, 20:34 WIB
Pria, 20 tahun.

dok. bagaimana cara menghilangkan ketergantungan pada obat (bukan obat terlarang) tpi obat penggemuk badan yg membuat saya ketergantungan, karena bila berhenti mengkonsumsinya saya mengalai gatal gatal seperti kaligata.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kemungkinan obat penggemuk badan yang Anda konsumsi berisikan steroid dosis tinggi. Dalam dunia medis, steroid disebut obat dewa karena dapat mengatasi banyak penyakit, salah satunya biduran / kaligata.

Namun, kaligata yang anda alami sepertinya bukan karena penghentian obat, namun kulit anda memiliki kecenderungan untuk terjadi reaksi alergi. Untuk itu anda perlu mengenali pencetus alergi tersebut, apakah udara, makanan, debu, dll, kemudian menghindarinya. Anda juga dapat melakukan tes Alergi untuk mengetahui lebih lanjut, alergen (penyebab alergi) apa saja yang dapat mencetuskan alergi anda.

Jika benar berisi steroid, maka anda perlu berhati-hati terhadap efek samping yang ditimbulkannya. Penggunaan steroid tidak boleh dilakukan sembarangan dan tanpa pengawasan dokter dan sesuai dengan indikasi. Untuk meningkatkan massa tubuh, Anda sebenarnya dapat melakukan latihan yang terstruktur dan juga mengatur pola makan, tanpa steroid. Sebenarnya, steroid sendiri tidak ditujukan untuk manfaat olahtubuh maupun olahraga, namun harus berdasarkan indikasi kebutuhan medis.

Beberapa efek samping yang dapat muncul dari penggunaan steroid yang terlalu tinggi atau tidak tepat adalah:

  • Pertumbuhan payudara berlebihan
  • Kebotakan
  • Testis mengecil
  • Kemandulan
  • Impotensi (Disgfungsi Ereksi)

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.

  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu,telur. 

  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit 5 hari dalam seminggu sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

  • Dapat juga ditambah dengan olahraga yang berguna meningkatkan kekuatan otot seperti sit up, back up, dan biceps curl, sehingga massa otot bertambah sewajarnya (jangan khawatir akan membesar karena tidak memakai dumbell atau barbel) dan juga meningkatkan kepadatan tulang yang tentunya akan menambah berat badan anda. 
  • Istirahat yang cukup agar energi yang masuk dan keluar seimbang atau bahkan lebih besar energi yang masuk. 

  • Memperbanyak minum air putih, minimal 8 -10 gelas sehari.

Apabila makan teratur dan seimbang, biasanya akan terjadi peningkatan berat badan yang diinginkan. Tapi dengan catatan tidak mempunyai penyakit-penyakit lain seperti ada masalah gangguan tiroid, gangguan metabolisme glukosa seperti diabetes dan penyakit kronis lain.

Mengingat hal itu, tidak ada salahnya Anda memeriksakan terlebih dahulu kondisi kesehatan Anda ke dokter. Selain itu untuk mengatur menu dan menjaga stabilitas peningkatan berat badan serta resep olahraga untuk membangun massa otot, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada ahli gizi  dan dokter olahraga secara langsung. Hal ini disebabkan karena mengatur menu untuk peningkatan berat badan membutuhkan perhitungan dan banyak pertimbangan sesuai dengan kondisi masing-masing individual.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar