Sukses

Glaukoma dan Donor Mata

03 Jul 2015, 10:30 WIB
Wanita, 28 tahun.

GLUKOMA Selamat malam dok.. Maaf dok aku mau tanya apakah masih ada kesempatan sembuh untuk pengidap glukoma..? jika penderita mendapatkan donor mata apakah bisa di lakukan oprasi dan si penderita dapat sembuh..? terimakasih..

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Glaukoma dapat diterapi sehingga tidak terjadi perburukan. Obat -obatan dapat digunakan untuk mencegah peningkatan tekanan intraokular dan mencegah perburukan kondisi glaukoma. Disamping itu, kontrol secara teratur ke dokter juga perlu dilakukan untuk menilai keefektifan pengobatan tersebut dan mengatasi efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat-obatan tersebut.Apabila pengobatan konvensional  tidak berhasil maka dapat beralih ke pengobatan dengan sinar laser atau operasi (pembuatan saluran pembuangan cairan mata atau mematikan produsen cairan mata). Tindakan operasi antara lain iridektomi perifer, iridotomi, operasi filtrasi, trabekulektomi, dan trabekuloplasti.

Namun jika sudah terjadi kebutaan akibat penekanan saraf mata akibat tekanan bola mata yang terlalu tinggi, saraf yang rusak tersebut tidak dapat disembuhkan dengan donor mata. Karena donor mata hanya mendonorkan kornea, bukan saraf mata.

Kebutaan karena glaukoma dapat dicegah dengan melakukan terapi seperti yang diuraikan di atas, sebelum terlambat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar