Sukses

Pemeriksaan Bakteri H. Pylori

19 Nov 2015, 19:49 WIB
Pria, 39 tahun.

saya sakit maag dan asam lambung yg tinggi selama 2 thn trus endoskopi dan kena radang usus, sama bakteri H pylori. Sdh diobati selama 1 mggu dgn 2 mcm obat antibiotik. perut jd enak tapi sesdh 2 mggu perut begitu lagi nda nyaman. apa ada cara lain mengetahui bakteri tsb msh aktif atau sdh hilang. saya masih mnm obat lanzoprasol 30mg smp sekarang. terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Helicobater pylori merupakan bakteri gram negatif yang banyak ditemukan di dalam antrum pilorus, bagian yang memisahkan lambung dari duodenum. Helicobacter Pylori dikenal sebagai organisme patogen (jahat) pada gastritis kronis, ulkus peptikum, dan karsinoma gaster(kanker lambung).

Gejala yang ditimbulkan akibat infeksi ini adalah gejala gastritis itu sendiri. Untuk informasi lengkapnya mengenai gejala infeksi ini, Anda dapat membuka artikel kami yang berjudul Kembung: Sakit Maag atau Infeksi Bakteri?

Ada beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk menditeksi kuman ini. Salah satunya pemeriksaan darah untuk memeriksa kadar antibodi yang terbentuk karena terdapat infeksi bakteri ini.

Sedangkan pengobatan  H. pylori yang dianjurkan saat ini meliputi penggunaan proton pump inhibitor (PPI) berkombinasi dengan 2 jenis antibiotik.

Untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mendapat terapi H. pylori, Anda perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter spesialis penyakit dalam sub bagian gastroenterologi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar