Sukses

Nyeri Tulang Belakang

02 Jul 2015, 21:31 WIB
Wanita, 43 tahun.

selamat malam dokter. suami saya sekarang tiba tiba sakit tulang belakang sudah 2 minggu ini.. akibat dari apa ya dokter ?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan nyeri pada daerah tulang belakang, pundak, dan leher dapat disebabkan karena posisi yang salah dalam kehidupan sehari-hari, gangguan pada tulang belakang, atau gangguan pada otot.

Yang dimaksud dengan posisi yang salah adalah posisi suami anda sewaktu bekerja tidak sesuai dengan posisi anatomis dari tulang belakang sehingga menyebabkan keluhan nyeri. Posisi duduk terus menerus dengan sandaran yang tidak sesuai, dengan meja yang terlalu rendah, komputer yang tidak setinggi mata, atau posisi berdiri terus menerus juga dapat mengakibatkan keluhan ini. Hal ini disebut dengan Penyakit Akibat Kerja. Sayang sekali anda tidak memberikan data mengenai pekerjaan dan aktivitas suami anda sehari-hari.

Mengenai gangguan pada tulang belakang, kondisi tulang belakang yang bengkok  (skoliosis) atau tidak sesuai dengan normal dapat mengakibatkan keluhan seperti ini. Postur fisik yang jelas terlihat adalah punggung belakang miring atau anda terlihat bungkuk. Namun dapat juga tanpa adanya gangguan fisik yang terlihat. Sangat disayangkan anda tidak memberikan data sejak kapan keluhan ini terjadi. Apabila sudah lama atau sejak kecil, maka kemungkinan gangguan tulang belakang dapat dicurigai.

Gangguan otot hampir mirip dengan Penyakit Akibat Kerja, hal ini disebabkan oleh posisi sehari-hari yang tidak anatomis, seperti menggendong anak hanya pada satu lengan dan tidak bergantian. Keluhan ini dapat disebabkan berbagai aktivitas dan bukan hanya karena pekerjaan.

Sebelum mengobati tentu saja kita harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari keluhan anda. Untuk saat ini, rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, natrium diklofenak, asam mefenamat, asetaminofen, dsb. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini.

Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Kami sarankan sebaiknya suami Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf atau dokter spesialis orthopedi(bedah tulang) untuk evaluasi dan tatalaksana yang optimal. Mungkin dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan seperti rontgen, ct-scan, mri atau pemeriksaan lain untuk membantu menegakkan diagnosis suami Anda. Pengobatan yang diberikan pun akan disesuaikan dengan penyebab yang mendasari.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar