Sukses

Konsep Keperawanan

02 Aug 2015, 00:11 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya seorang wanita. Dulu sewaktu kecil (5tahun) vagina saya pernah dimasuki penis oleh sepupu saya. Saat itu saya tidak tahu jadi hanya mengiyakan. Setelah itu saya mengalami keputihan dan sudah diobatkan ke dokter tp belum sembuh. Saya sering menggesek gesekkan vagina saya (mungkin karena efek dulu saat kecil). Sekarang usia saya sudah 23tahun dan keputihan saya belum sembuh. Sedangkan klitoris/labia minora saya berwarna coklat kehitaman. Menstruasi saya normal dan teratur. Yang mau saya tanyakan. Apakah dengan peristiwa itu bisa dikatakan saya sudah tidak perawan lagi? Apakah saya dapat hamil dan memiliki anak? Jika ingin memeriksakan penyakit saya ini (keputihan yg semakin lama semakin terasa gatal). Saya harus ke rumah sakit di bagian apa? Dan langkah-langkah pengobatannya apa saja? Mohon utk dijelaskan dok, terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Dua konsep yang dimiliki masyarakat berkaitan dengan keperawanan perempuan adalah: 

  1. Hilangnya keperawanan ditandai oleh robeknya himen perempuan
  2. Hilangnya keperawanan karena telah berhubungan intim untuk pertama kali.  

Himen merupakan membran tipis yang ada di dekat bukaan vagina, bagian tengahnya bolong sehingga darah menstruasi dapat keluar. Sebetulnya, himen perempuan dapat robek walau tidak melakukan hubungan intim, yaitu karena kecelakaan, aktivitas seperti naik kuda, senam, bersepeda, penggunaan tampon, masturbasi. Bahkan ada juga perempuan yang tidak memliki himen. Himen dapat robek tanpa disertai rasa sakit, ataupun disertai perdarahan. 

Karena itu, walaupun himen yang utuh mengindikasikan bahwa perempuan itu masih perawan, namun himen yang tidak utuh bukan berarti ia tidak perawan. Ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Karena itu konsep yang perlu digunakan di sini adalah keperawanan hilang saat seseorang melakukan hubungan intim. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar