Sukses

Infeksi Indung Telur

16 Dec 2015, 20:02 WIB
Wanita, 19 tahun.

Siang dok . . Dok saya mau tanya ,,setiap saya datang bulan perut saya selalu sakit dok ,saya periksa ke dokter kandungan ternyata indung telur saya infeksi ,,pertanyaan saya apakah infeksi indung telur itu bahaya apa gak dok? sembuhnya susah gak? Tolong di jwb dok ,,, Makasih .

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Infeksi pada saluran indung telur dalam istilah medis dinamakan Salpingitis.

Salpingitis adalah salah satu penyebab paling umum infertilitas wanita. Jika salpingitis tidak segera diobati, infeksi yang terjadi dapat menyebar dan menyebabkan kerusakan permanen pada saluran telur atau buluh rahim (atau dalam medis dikenal dengan istilah tuba falopi). Gangguan pada tuba dapat menganggu proses pembuahan karena saat telur dilepaskan setiap siklus mestruasi, tidak dapat bertemu dengan sperma.

Penularan salpingitis yang utama terjadi melalui hubungan seksual, tetapi bakteri juga bisa masuk ke dalam tubuh setelah prosedur kebidanan/kandungan (misalnya pemasangan IUD, persalinan, keguguran, aborsi, dan biopsi endometrium). Salpingitis juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur.

Tujuan pengobatan salpingitis adalah untuk mengobati infeksi akut, sehingga menjaga kesuburan dan mencegah kehamilan di luar kandungan (atau dalam medis dikenal dengan istilah kehamilan ektopik), serta mengurangi risiko jangka panjang inflamasi (peradangan) berulang.

Untuk pengobatan lebih lanjut, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar