Sukses

Mengatasi Tulang Belakang Bungkuk

02 Jul 2015, 12:28 WIB
Pria, 16 tahun.

Selamat Pagi, Dok. Izin bertanya dok. Saya mengalami sedikit kendala pada tulang belakang. saya merasa agak bungkuk, apa solusi agar hal itu dapat menambah kepercayaan diri saya kembali? Trims Dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Tulang belakang yang bungkuk disebut juga dengan kifosis. Hal ini memang umumnya disebabkan oleh postur tubuh yang suka membungkuk atau disebut juga kifosis postural. Pada kondisi ini tidak ada deformitas/kerusakan pada tulang belakang. Untuk memastikannya, Kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis tulang atau ortopedi.

Selain karena kebiasaan postur tubuh yang salah, penyebab lain yang dapat menyebabkan kondisi kifosis antara lain: 

  • Osteoporosis: Penyakit penipisan massa tulang yang dapat menyebabkan fraktur kompresi. Umumnya ditemukan pada perempuan lanjut usia atau orang yang mendapatkan terapi steroid dalam jangka waktu lama. 

  • Degenerasi diskus antar tulang belakang: Umumnya berkaitan dengan proses penuaan.

Untuk mengatasi hal ini, mulailah dengan memperbaiki postur tubuh Anda yang salah ketika sedang beraktivitas. Anda juga dapat melakukan latihan baik sendiri ataupun dengan bantuan pelatih khusus guna mengubah bentuk tulang Anda menjadi lebih terlihat tegak.  Anda dapat mulai dengan menarik bahu Anda ke arah belakang setiap saat, lebih mudahnya menyatukan kedua pergelangan tangan di belakang seperti sikap istirahat ketika upacara. Jika Anda menginginkan latihan yang lebih intensif, Anda dapat mengunjungi pusat rehabilitasi medik ataupun tempat pelatihan pilates guna melatih otot dan tulang Anda.

Pada kondidi yang cukup berat, maka Anda dapat menggunakan alat bantu yang akan dicetak khusus sesuai dengan bentuk tubuh anda, fungsinya yakni menopang tulang punggung anda supaya tetap dalam keadaan lurus. Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter mengenai pilihan terapi ini, dan tidak memilih produk-produk tertentu tanpa adanya penjelasan dari dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar