Sukses

Kulit Tumit dan Telapak Kaki Pecah-Pecah

02 Jul 2015, 18:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya mau bertanya. Mulai saya berumur sekitar +- 13 tahun kulit kaki saya mengalami pecah-pecah di bagian tumit, kemudian merambat ke bagian jari kaki sampai permukaan telapak kaki saya pecah-pecah kering. Tidak musim kemarau/hujan selalu begitu. Kira2 apa penyebabnya dok? Lalu bagaimana cara penyembuhannya? Terima kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-consultation KlikDokter.

Secara medis penyebab dari keluhan pada tumit dan telapak kaki dapat diakibatkan karena beberapa hal mulai dari kulit kaki yang kering, hingga infeksi parasit seperti jamur atau bakteri. Dalam menangani keluhan keluhan semacam ini diperlukan pemeriksaan UKK  (Ujud Kelainan Kulit) agar dokter dapat menentukan penyebab dari kelainan tersebut dan dapat memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Seiring dengan pertambahan usia, memang terdapat beberapa perubahan pada struktur kulit seseorang, sehingga kulit akan cenderung lebih kering dan kurang elastis. Selain itu, berbagai bahan iritan akan lebih mudah mengiritasi kulit. Akumulasi dari pajanan bahan-bahan tersebut dalam waktu yang cukup lama pada akhirnya dapat menyebabkan kulit menebal, kering, bahkan retak menimbulkan luka.

Pada kondisi ini, kelembaban kulit menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk melindungi kulit dari kekeringan antara lain adalah:

  • menghindari penggunaan sabun antiseptik, terutama yang menghasilkan banyak busa,
  • hindari mandi menggunakan air panas,
  • hindari tindakan menggosok kulit (misal: sabun yang menggunakan dengan scrub, saat mengeringkan kulit menggunakan handuk)
  • gunakan losio yang mengandung pelembab. Semakin kering dan tebal kulit, maka konsentrasi pelembab yang dibutuhkan juga semakin besar.
  • dsb

Mengamplas kulit yang kering untuk menipiskannya bukanlah suatu tindakan yang bijaksana. Alih-alih menipis, kulit tersebut justru akan menjadi semakin tebal dan kasar. Belum ditambah dengan risiko infeksi apabila timbul luka akibat penggunaan alat yang tidak terjamin kebersihannya.

Idealnya perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk melihat gambaran kelainannya sehingga diagnosis dapat lebih mudah ditegakkan. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana yang lebih optimal. Apabila kulit pecah-pecah yang Anda alami benar merupakan eksim (akibat iritasi kulit menahun), maka dokter akan memberikan pengobatan eksim (antiradang) golongan steroid baik yang dikonsumsi secara oral maupun topikal (oles) bergantung pada derajat kelainannya. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan pelembab yang sesuai untuk kondisi kulit  Anda.

Baca pula artikel artikel berikut untuk enambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar