Sukses

Hilang Nafsu Makan

02 Jul 2015, 17:39 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat pagi dok. Saya mau tanya apkah pnybab dr khlangan napsu mkan? Saya tdk suka sayur dan makan sangat sdkit. Saya jg jarang skali BAB dok. Mohon pnjlasannya.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Penurunan nafsu makan pada usia dewasa seperti Anda jarang hanya berdiri sendiri. Penurunan nafsu makan biasanya merupakan  gejala penyerta dari sebuah penyakit. Pada umumnya Nafsu makan akan kembali normal setelah penyakit tersebut teratasi. Kondisi tersebut tidak terlalu mengkhawatirkan kecuali berlangsung selama lebih dari satu atau dua hari.

Gangguan Psikologis juga bisa berpengaruh kepada nafsu makan, misalnya pada keadaan stress, depresi, cemas dan kondisi lainnya.

Selain karena penyakit, nafsu makan berkurang juga terjadi akibat efek dari obat-obatan medis yang sedang dikonsumsi seseorang, atau juga karena program diet menurunkan berat badan.

Bila nafsu makan hilang dalam jangka waktu lama dapat berakibat Malnutrisi, yaitu kurangnya makanan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, yang masalah serius utama dari kehilangan nafsu makan jika berlangsung selama lebih dari beberapa minggu. Efek jangka panjang lainnya terkait dengan penyebabnya. 

Untuk mengatasi masalah hilangnya nafsu makan ini  Yang utama adalah dengan mengetahui penyebab hilangnya nafsu makan. Jika disebabkan oleh penyakit ringan yang umum seperti pilek dan demam, maka nafsu makan akan membaik setelah penyakit tersebut disembuhkan.

Mengkonsumsi multivitamin penambah nafsu makan mungkin diperlukan sebagai langkah awal untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang. Anda juga bisa mencoba hidangan favorit Anda untuk mengatasi nafsu makan yang menurun.

Konsumsi makanan yang sedikit dan jarang makan sayur memang dapat menyebabkan jarangnya frekuensi buang air besar.

Jika Anda tidak dapat mendeteksi penyebab berkurangnya nafsu makan, dan kondisi tersebut berlangsung selama beberapa hari, segera periksakan diri ke dokter untuk diagnosa lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar