Sukses

Sakit kepala Sebelah dan Rambut rontok

16 Dec 2015, 18:26 WIB
Wanita, 25 tahun.

selamat siang dok.. saya sering sakit kepala sebelah kiri,rasanya nyeri, terkadang sampe perut saya mual, rambut saya juga rontok dan ada bagian yg botak. apakah ada hubungan antara rambut saya yg rontok dg sakit kepala dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan pertama Anda mengenai sakit kepala sebelah kiri. Kami menduga Anda mengalami migrain (sakit kepala sebelah).

Penyebab migrain sampai saat ini belum diketahui secara pasti, sebagian besar meyakini berhubungan dengan faktor lingkungan dan genetik. 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya), adanya scintillating scotoma (sebuah area peralihan parsial dalam lapang pandang yang berkelip-kelip/bergerak-gerak seperti yang Anda rasakan saat ini atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki). Apabila gejala tersebut ada beberapa saat muncui sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura. Migrain yang disertai munculnya aura dinamakan migrain klasik.

Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, dan dapat hilang timbul. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu. Coba untuk memperhatikan makanan Anda. Beberapa makanan yang diidentifikasi menjadi pencetus migraine adalah :

  1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine (keju, red wine)
  2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) seperti makanan Cina dan Meksiko
  3. Makanan yang mengandung Nitrat (bologna, salami, smoked meat)
  4. Makanan yang difermentasi
  5. Alkohol (red wine)
  6. Minuman yang mengandung kafein (softdrink, teh, kopi)

Kami menyarankan Anda untuk berobat ke Dokter Spesialis Saraf untuk memastikan diagnosis Anda. Bila diperlukan, akan dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti CT scan atau MRI kepala. Bila diagnosis sudah pasti, maka dapat ditentukan apakah pantangan yang berarti bagi kondisi Anda saat ini.

Keluhan kedua Anda mengenai rambut rontok, kerontokan rambut sendiri banyak penyebabnya, seperti pengaruh genetik atau penyakit seperti infeksi jamur atau hipotiroid. Perlu diketahui bahwa pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari, termasuk saat mencuci rambut. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari.

Jika rambut sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangkan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tipes ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti:

  • Banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • Hindari stres
  • Hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • Rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • Cukup istirahat
  • Stop merokok (pada yang merokok)
  • Hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • Hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Segera konsultasikan diri Anda ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin bila kerontokan terus berlanjut hingga membentuk huruf U dan dahi akan terlihat lebih lebar.

Apakah Anda sedang dalam tekanan atau dalam kondisi stres? Kondisi stres dapat menyebabkan munculnya keluhan Anda secara bersamaan. Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter secara langsung. Dokter akan melakukan wawancara secara menyeluruh dan pemeriksaan fisik lengkap untuk mencari penyebab dari keluhan Anda.

Berikut juga kami lampirkan beberapa artikel yang berkaitan untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar