Sukses

Efek Samping KB Suntik

01 Jul 2015, 11:59 WIB
Wanita, 31 tahun.

saya menggunakan KB suntikan 3bulan sekali dok, siklus haid sy tdk teratur pernah selama 1 bulan penuh sy kluar darah, bulan berikutnya tidak berdarah sama sekali, kemudian haid selama 7 hari, bulan berikutnya lagi 3 hari berdarah 2 hari bersih eh besoknya berdarah lagi sampai 2 mingguan, apakah normal dok?, terimakasih sebelumnya

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Pada pemakaian KB suntik  yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron. Salah satu efek samping dari KB suntik yang merupakan KB hormonal tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. 

Kembalinya kesuburan tiap individu biasanya berlangsung variatif antara 3-12 bulan. Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu.

Bila Anda merasa terganggu dengan metode KB yang Anda sedang jalani Anda dapat berkonsultasi langsung ke dokter untuk menentukan metode KB yang cocok bagi Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar