Sukses

Kepala Anak Gatal dan Berair

01 Jul 2015, 11:50 WIB
Wanita, 2 tahun.

dok. kalau kepala anak gatal dan keluar air obatnya apa yah

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com

Bagaimana gatal yang diderita anak ibu? Keluhan yang Anda sebutkan masih menyisakan beberapa kemungkinan diagnosis diantaranya kutu rambut dan tinea kapitis.

Serangan kutu rambut atau dalam dunia kedokteran disebut Pedikulosis kapitis adalah infeksi dan infestasi kulit kepala dan rambut manusia yang disebabkan oleh kutu kepala Pediculus humanus var capitis. Penularan melalui kontak langsung dengan agen penyebab (misalnya, Kontak fisik erat dengan kepala penderita seperti tidur bersama atau Kontak melalui benda perantara yang terinfestasi, misalnya pemakaian bersama aksesori kepala, sisir, dan bantal juga dapat menyebabkan kutu menular.
Gejala yang paling sering timbul adalah gatal di kepala akibat reaksi hipersensitivitas terhadap air liur kutu saat makan maupun terhadap kotoran kutu. Namun bisa juga tanpa gejala.
Dalam penatalaksanaannya sebaiknya rambut pasien dipotong sependek mungkin, kemudian disisir dengan menggunakan sisir serit, menjaga kebersihan kulit kepala dan menghindari kontak erat dengan kepala penderita. Pengobatan topikal merupakan terapi terbaik, yaitu dengan pedikulosid/pembasmi tungau dengan salah satu pengobatan di bawah ini:

·Malathion 0.5% atau 1% dalam bentuk losio atau spray, dibiarkan 1 malam.

·Permetrin 1% dalam bentuk krim, dibiarkan dalam 2 jam

·Gameksan 1%, dibiarkan dalam 12 jam.

Pedikulosid sebaiknya tidak digunakan pada anak usia kurang dari 2 tahun. Cara penggunaan: rambut dicuci dengan shampo, kemudian dioleskan losio/krim dan ditutup dengan kain. Setelah menunggu sesuai waktu yang ditentukan, rambut dicuci kembali lalu disisir dengan sisir serit.

Tinea kapitis adalah infeksi jamur yang mengenai kulit kepala dan rambut. Jamur penyebabnya adalah jamur golongan dermatofita. Sedangkan dermatitis seboroik disebabkan jamur golongan non-dermatofita. Dermatofita adalah golongan jamur yang keratinofilik (menyukai keratin) dan menjadikan keratin sebagai sumber nutrisinya sehingga dapat berkoloni di jaringan yang mengalami keratinisasi. Gejalanya juga berbeda dengan dermatitis seboroik. Pada tinea kapitis biasanya lesi berbentuk bulat (botak) atau disebut bentuk gray patch ringworm. Terapinya pun berbeda. Pada umumnya kasus tinea diobati dengan obat griseofulvin oral ditambah anti jamur topikal.

Sebaiknya untuk memastikan diagnosis Anda menghubungi dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar