Sukses

Benjolan Payudara

07 Jul 2015, 11:59 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok... Aku mau tanya.. Ada benjolan di payudara aku.. Sudah 2 minggu pertama kecil benjolannya klo di pegang juga ga sakit tp kenapa sekarang malah jadi sakit smua ya di area payudara aku jd kya bengkak gtu.. Aku takut knpa-kenapa dok.. Tolong di balas ya .. Mkasi dok sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memamahami kekhawtiran Anda. Namun pertama-tama kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah ada gejala lain seperti kulit payudara kemerahan, bengkak, nyeri saat disentuh, demam, payudara teraba panas?

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit. 

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Dimanakah letak benjolan lebih tepatnya? Bagaimana dengan perabaannya? Apakah kenyal atau keras? Apakah terfiksasi ke kulit atau mudah digerakkan? Bagaimana dengan permukaan benjolan? Apakah rata atau berbenjol? Kelainan payudara yang umum pada wanita muda adalah fibroadenoma mamae.

FAM  (Fibroadenomamammae) merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kuit payudara di atasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.

FAM merupakan suatu tumor jinak pada payudara dimana penyebabnya belum secara pasti diketahui. Namun benjolan FAM dapat membesar dengan dipengaruhi oleh hormon. Sehingga selama dalam masa reproduktif (belum menopause) FAM dapat tumbuh kembali. FAM biasanya muncul di usia remaja. Oleh karena itu, terkadang FAM akan menjadi besar saat sedang siklus menstruasi, kehamilan atau sedang menyusui. Pemeriksaan secara pasti dapat dilakukan dengan pemeriksaan mamografi atau biopsi.

Di bawah usia 25 tahun, FAM lebih sering terjadi dibandingkan kista payudara. Selain FAM, penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary displasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita. 

FAM tidak ada resiko untuk menjadi kanker. Pada usia muda jarang sekali didapatkan tumor ganas pada payudara kecuali memiliki riwayat keluarga dengan keganasan pada payudara, Anda perlu lebih waspada terhadap  benjolan di payudara. Beberapa hal dikatakan dapat mencegah perkembangan FAM dengan mengkonsumsi sayur dan buah, dan olahraga dengan intensitas sedang setiap minggunya. Tindakan yang biasanya dilakukan adalah operasi, atau ada beberapa yang dapat hilang namun kemungkinan ini sangat sedikit. Hanya sekitar 20% kasus tumor ini tumbuh. Jadi sebaiknya jaga hidup sehat dan lakukan pemeriksaan payudara secara rutin.

Memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit pasangan Anda. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar