Sukses

Imunisasi Rotavirus

29 Dec 2015, 19:21 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dear Klikdokter.com, Saya Wida, saya mempunyai anak umur 1 bulan 7 hari. Saya baca-baca di internet imunisasi rotavirus dilakukan pada bayi usia 2 bulan dan dilakukan berulang. Rencananya tanggal 31 Juli ini, anak saya akan imunisasi Polio 2, Hepatitis B 2, DPT 1 & HIB 1. Mohon sarannya, kapan waktu yang tepat jika saya ingin lakukan imunisasi Rotavirus di bulan Juli ini. Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan sedikit menjelaskan mengenai vaksin rotavirus. Ada dua imunisasi Rotavirus yang terdapat di Indonesia:

  • Rotateq diberikan 3 dosis. Pertama pada usia 6-14 minggu, pemberian ke dua 4-8 minggu kemudian, dan dosis ke-3 maksimal pada usia 8 bulan.
  • Rotarix diberikan 2 dosis: dosis pertama pada usia 10 minggu, dan dosis kedua pada usia 14 minggu (maksimal pada usia 6 bulan).

Jadi dapat dilihat, bila jenis imunisasi yang tersedia adalah Rotateq, maka batas pemberian pertama adalah hingga mencapai 14 minggu, sedangkan jenis Rotarix adalah 10 minggu. Kalau sudah melewati batas usia tersebut (14 minggu + 6 hari), maka sudah tidak dosis dosis pertama vaksin rotavirus lagi, tapi dapat ditunggu hingga bayi mencapai usia 4 bulan (16 minggu) untuk pemberian vaksin rotavirus dosis ke2.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat anda diskusikan dengan dokter spesialis Anak yang menangani anak Anda saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar