Sukses

Pria, Tapi Payudara Besar

30 Nov 2015, 21:45 WIB
Pria, 23 tahun.

Dokter saya pria normal dan tulen tapi kenapa saya memiliki payudara sebesar payudara wanita remaja ? apakah ini normal ? Atau penyakit ? & bagai mna cara menghilangkanya (selain operasi) ? Terima kasih dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pembesaran payudara pada pria (ginekomastia) bisa disebabkan oleh beberapa hal:

  1. Proses normal: terjadi pada anak baru lahir, masa pubertas, penuaan, atau obese (kelebihan berat badan)

  2. Proses tidak normal: masalah gangguan hormon, gangguan hati, gangguan ginjal, atau penggunaan obat-obatan seperti steroid, spironolakton, ataupun alkohol.

Untuk itulah, agar dapat menangani ginekomastia dengan baik maka perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui apakah disebabkan karena proses normal atau tidak normal. Dan jika disebabkan oleh proses tidak normal, juga perlu ditelusuri lebih jauh penyebabnya. Penanganannya akan disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk penanganan lebih lanjut, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam.

Terdapat dua penanganan ginekomastia:

  • Operasi untuk mengangkat jaringan payudara yang berlebih,

  • Pengobatan untuk memperbaiki ketidakseimbangan hormon.

Pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain adalah wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan hormonal, USG payudara, mamografi, MRI, USG testis ataupun pemeriksaan penunjang lain. Setelah diketahui penyebab yang mendasari, barulah kemudian dokter spesialis penyakit dalam yang akan memutuskan untuk merujuk Anda ke dokter spesialis lain seperti dokter bedah ataupun dokter bedah plastic bila diperlukan tindakan pembedahan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 


Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar