Sukses

Cara Menangani Bekas Luka

01 Jul 2015, 15:01 WIB
Wanita, 27 tahun.

Saya mau tanya dok, anak saya laki2 umur 4taun stngh, sudah 1taun luka di pipi'y gk ilang krna jatuh, gmn cara menghilangkan bekas luka & cara penanganan yg baik bagi kulit si kecil, apakah bisa hilang tanpa melakukan operasi kulit.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kami akan menjelaskan sedikit mengenai terjadinya keloid. Proses penyembuhan luka terkadang akan meninggalkan bekas luka seperti keloid atau hanya garis-garis kehitaman atau berupa scar putih. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi terbentuknya bekas luka pada seseorang, antara lain kedalaman luka, ukuran luka, lokasi luka dan faktor genetik (keturunan). Jika dalam keluarga Anda terdapat kecenderungan terbentuk keloid pada bekas luka, maka kemungkinan besar bekas luka anda juga akan membentuk keloid.  Keloid merupakan salah satu jenis dari jaringan parut yang merupakan hasil dari pertumbuhan yang berlebihan dari bekas kulit yang terluka, yang melebihi batas luka itu sendiri. 

Bentuk keloid kenyal, mengkilat, dan dapat bervariasi dalam warna seperti merah jambu, merah daging, dan coklat gelap. Keloid tidak ganas, tidak menular, dan biasanya terdapat gejala gatal, nyeri tajam, dan perubahan bentuk. Pada kasus yang parah, dapat menghambat pergerakan dari kulit. Keloid perlu dibedakan dengan jaringan parut bekas luka yang biasa (hypertrophic scar). Hypertrophic scar merupakan pertumbuhan keatas (menonjol) jaringan parut bekas luka yang tidak melebar melewati batas luka.

Jika seseorang memiliki bakat untuk mengalami keloid, hal ini dapat diantisipasi dengan perawatan luka yang baik. Pencegahan yang paling baik sebenarnya adalah dengan menghindari terjadinya luka pada kulit. Namun, jika luka tidak terhindarkan, perawatan luka yang baik akan mengurangi kemungkinan terjadinya keloid.

Pastikan luka yang timbul segera dirawat dengan perban tekan. Proses perban tekan ini membutuhkan waktu sekitar 6-12 bulan untuk orang dewasa. Anak-anak membutuhkan waktu lebih lama, yaitu hingga 18 bulan. Dokter juga mungkin akan memberikan suntikan kortikosteroid pada masa penyembuhan luka untuk mencegah penyembuhan luka berlebihan.

Penanganan keloid harus disesuaikan dengan ukuran keloid itu sendiri. Keloid yang berukuran kecil biasanya cukup ditangani dengan penggunaan salep hingga krioterapi (bedah beku). Sementara keloid yang berukuran sedang biasanya cukup efektif ditangani dengan suntikan kortikosteroid. Penanganan dengan operasi dikombinasi dengan suntikan kortikosteroid atau terapi lain nampaknya merupakan pilihan terbaik saat ini untuk menangani keloid yang berukuran cukup besar atau yang kambuh dan sulit diatasi.

Apabila Anda menginginkan hasil yang cepat dapat dilakukan operasi pengangkatan secara bedah ataupun laser. Suntikan dengan menggunakan steroid harus dilakukan beberapa kali. Kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar diagnosis dapat ditegakkan dan Anda memperoleh penanganan yang tepat.

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar