Sukses

Jempol Kaki Mengelupas dan Bernanah

01 Aug 2015, 19:20 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok,saya mau tanya. Kulit saya kmrn kena cakaran kucing di jempol kaki kanan. Lama kelamaan jd bernanah disekitar jempol saya. Kulit jd mengelupas. Itu kenapa ya dok? Trmksh sblmnya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya ada beberapa informasi yang kami butuhkan. Apa pemicu luka Anda? Apakah Anda memiliki riwayat alergi, diabetes, atau penyakit lainnya?

Bagaimana keadaan luka Anda saat ini? Sayang sekali kami tidak dapat memeriksa secara langsung sehingga kami tidak dapat mengetahui dengan pasti kondisi luka yang terjadi pada Anda. 

Jika terdapat nanah, kemungkinan terjadi infeksi pada area luka tersebut, bisa disebabkan oleh cara perawatan luka yang tidak tepat maupun masih adanya benda asing di dalam tubuh Anda. Untuk merawat luka, Anda dapat membersihkannya dengan kassa yang dicelup atau diberikan cairan NaCl. Anda dapat membelinya di apotik: NaCl 0.9%. Jangan membersihkannya dengan alkohol karena alkohol bersifat iritatif dan bisa menyebabkan nyeri pada luka. Setelah dibersihkan dengan cairan NaCl, Anda dapat menepuk-nepuk atau "mengeringkannya" dengan kasa kering lalu kemudian dapat diberikan salep/krim antibiotik. Jangan mencabut nanah yang kering di kulit Anda karena akan membuat proses penyembuhan semakin lama dan terdapat infeksi sekunder.

Jika luka basah, usahakan untuk mengganti perban dan membersihkannya setiap hari. Jangan lupa juga untuk kontrol ke dokter yang menangani Anda dan menanyakan mengenai kondisi yang Anda alami tersebut. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar