Sukses

Gigi Tidak Beraturan

29 Jun 2015, 13:53 WIB
Pria, 28 tahun.

Dear Dokter... Dok, gigi saya tumbuh dan letaknya tidak berarturan, dan sebagian gigi gerahamnya sudah ada yang berlubang dok. yang ingin saya tanyakan : 1. apakah masih bisa gigi saya dibentuk rata lagi untuk peletakkannya sehingga terlihat lebih rapi dok?? 2. apakah ada efek sampingnya jika gigi saya nanti setelah di bentuk rapi???

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami turut prihatin atas kondisi gigi Anda dan memahami kekhawatiran Anda. Susunan dan posisi gigi yang tidak normal serta berjejal memang dapat menyebabkan berbagai macam masalah selain hanya masalah estetik. Perawatan yang bertujuan untuk mengatasi masalah gigi dengan kelainan posisi atau maloklusi ini adalah perawatan ortodonti atau kawat gigi dan pada beberapa kasus yang disertai juga dengan kelainan rahang maka perawatan dapat dikombinasikan dengan bedah.

 Tujuan utama dari perawatan orthodontik (pemasangan kawat bracket) seperti yang Anda tanyakan tidak semata-mata untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi atau hubungan gigit antara gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, maka dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan, dan bila tidak dirawat justru akan menimbulkan efek atau resiko gangguan serta kerusakan pada gigi juga jaringan sekitarnya. 

Perlu juga Anda perhartikan gigi yang telah berlubang tersebut, sebaiknya segera periksakan agar dapat dilakukan perawatan oleh dokter gigi, karena gigi berlubang yang tidak dirawat selain beresiko terhadap kerusakan yang lebih luas juga dapat menyebabkan timbulnya infeksi serta berbahaya terhadap kesehatan tubuh . Untuk memastikan perawatan yang terbaik bagi keadaan Anda maka diperlukan pemeriksaan langsung dan juga pemeriksaan penunjang lainnya oleh dokter gigi atau dokter gigi spesialis ortodonti yang lebih kompeten terhadap masalah ini.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar