Sukses

Sering BAB Darah

29 Jun 2015, 11:30 WIB
Wanita, 21 tahun.

dokter,saya sering BAB berdarah, selain itu saya juga pernah batuk mengeluarkan darah tapi itu tidak terjadi setiap saya batuk. mohon penjelasan dan saran untuk kesehatan saya. Terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Merujuk pada cerita Anda bahwa BAB berdarah dan darah yang ada adalah darah segar atau dalam dunia medis disebut dengan hematosezia, maka kemungkinan asal perdarahan adalah saluran cerna bagian bawah. Perdarahan akibat saluran cerna bagian bawah dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, dimulai dari infeksi, adanya polip, atau wasir. Bila terjadi perdarahan saluran cerna atau usus terlipat maka gejala yang terjadi dapat berupa rasa nyeri yang hebat pada perut, perdarahan (muntah darah atau BAB darah tergantung dari letak perdarahan apakah di bagian atas atau di bagian bawah saluran cerna) dan biasanya gejala timbul segera dan membutuhkan pertolongan medis segera.

Batuk atau lendir yang berdarah saat batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya luka lecet pada saluran pernafasan akibat batuk yang terlalu dipaksa, beberapa penyakit seperti flek pada paru (yang disebabkan oleh bakteri tuberculosis).  

Yang kami anjurkan adalah konsumsi telur, konsumsi air putih yang banyak, berjemur dan jika Anda merokok tolong dikurangi, yang paling penting adalah periksakan diri Anda ke dokter spesialis paru-paru atau penyakit dalam untuk diperiksa fisik lebih lanjut keadaan Anda. Mungkin saja Anda memerlukan pemeriksaan Xray dada Anda. Untuk keluhan BAB Anda, dokter akan memeriksa secara langsung dan jika dirasa perlu akan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti kolonoskopi untuk melihat sumber darah BAB Anda. Sulit bagi kami untuk menegakkan diagnosis tanpa pemeriksaan langsung.

Kami lampirkan beberapa artikel terkait kesehatan pencernaan untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar