Sukses

Berdahak Terus Menerus

25 Apr 2016, 17:36 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok, saya memiliki gejala berdahak terus menerus sudah hampir 5 bulan tak kunjung sembuh meski sudah berobat kesana sini, saya kira saya terkena TBC, tapi ternyata sesudah di ronsen, paru2 saya baik. saya kena penyakit apa ya dok?, cara mengatasinya biar sembuh gimana?, terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Dahak biasanya diproduksi oleh tubuh misalnya ada infeksi, ada alergi, ada penggunaan berlebih dari suara, dsb. Dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas dan dapat sangat mengganggu. Karena itu, untuk mengatasi dahak dilakukan dengan mengeluarkan dahaknya. Dahak yang terus menerus ada bisa disebabkan oleh karena proses alergi, ataupun penyakit post nasal drip. 

Pengeluaran dahak dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik berfungsi untuk memecahkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dahak yang bercampur dengan darah yang sedikit  kemungkinan besar disebabkan adanya lecet di saluran pernafasan akibat pengeluaran dahak yang terlalu keras dan dicampur dengan adanya infeksi. 

Selain itu, mengkonsumsi banyak cairan hangat dapat membantu untuk mengencerkan lendir di daerah saluran pernapasan. Jika dahak tidak juga dapat diatasi maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda, mungkin diperlukan pengobatan dengan uap (inhalasi) untuk membantu mengencerkan dahak.

Kami lampirkan sebuah artikel untuk Anda baca terkait batuk berdahak:

Jangan Anggap Sepele Batuk Berdahak

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar