Sukses

Gatal di Selangkangan

29 Jun 2015, 10:40 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dok mau tanya apa obat buat gatal diselangkangan yg akhirnya bekasnya menjadi hitam.apalagi kalau lagi haid gatalnya makin jadi bahkan klu digaruk muncul benjolan kecil

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah gatal di selangkangan. Gatal-gatal yang mengenai daerah selangkangan seperti yang Anda keluhkan dapat  disebabkan oleh berbagai penyebab seperti reaksi alergi, atau infeksi  jamur dermatofita atau candida. Dan tidak ada berhubungan dengan kebersihan di dalam vagina. 

 

Jamur dermatofita E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes menyebabkan tinea kruris (jamur di daerah selangkangan). Biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat, terlebih jika kondisi kulit berkeringat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit.

 

Jamur lain yang sering mengenai daerah lipatan kulit, terutama ketiak, bagian bawah payudara, bagian pusat, lipat bokong, selangkangan, dan sela antar jari; adalah candida. Dapat juga mengenai daerah belakang telinga, lipatan kulit perut, dan glans penis (balanopostitis), sela jari tangan biasanya antara jari ketiga dan keempat, pada sela jari kaki antara jari keempat dan kelima. Keluhan berupa gatal yang hebat, kadang-kadang disertai rasa panas seperti terbakar dan basah.

Untuk memastikan diagnosis, kami sarankan pasangan Anda mengunjungi dokter umum atau dokter spesialis kulit untuk wawancara medis lebih mendetil, pemeriksaan fisik untuk melihat ciri-ciri lesi kulit dan pemeriksaan penunjang untuk menentukan diagnsosinya untuk menentukan pengobatan yang tepat.

 

Selain pengobatan, diperlukan juga menjaga agar daerah lipat paha tetap bersih dan tidak lembab. Mandi minimal 2 kali sehari, dan mengganti pakaian dalam bila sudah lembab. Selain itu jika penyebabnya adalah infeksi jamur, dapat menyebar ke bagian kulit lainnya bila Anda menggaruk bagian yang terinfeksi dan kemudian menyentuh bagaian tubuh lainnya sebelum mencuci tangan. Untuk itu pastikan Anda mencuci tangan setelah menggaruk dan  mencuci dengan bersih setiap pakaian (tidak dipakai ulang beberapa kali) untuk menghindari penularan dan penyebaran dan kekambuhan kembali.

Mengenai pemakaian PK (Kalium Permanganat) bisa saja Anda gunakan untuk mengurangi infeksi sekunder yang terjadi akibat garukan yang Anda lakukan karena fungsi PK sebagai antiseptik. Namun cairan PK ini tidak dapat digunakan sebagai pengobatan jika disebabkan oleh infeksi jamur. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar