Sukses

Bentol di Vagina

29 Jun 2015, 16:34 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat malam, saya mau bertanya. Jadi saya sedang berpergian jadi tidak mengganti celana dalam dari pagi sekali hingga malam hari. Lalu baru saja saya menemukan vagina saya berwarna kemerahan lalu ada serperti bintik putih. Apakah itu hanya jerawat? Tetapi tidak ada keluhan sama sekali, tidak panas, perih, maulun gatal. Terimakasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah benjolan di vagina. Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:  

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin  
  6. Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.
  7. Furunkel : bisul akibat infeksi / peradangan folikel rambut.

Selain itu bentol di vagina dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual (PMS) dan reaksi iritasi ataupun alergi. Apakah Anda pernah melakukan hubungan seksual sebelumnya? PMS adalah penyakit menular yang timbul melalui hubungan seks melalui vagina, oral,dan anal. Terdapat berbagai jenis infeksi yang tergolong PMS. Ada infeksi virus, bakteri, jamur, parasit, protozoa.

Semua infeksi yang tergolong PMS tersebut memiliki perbedaan dalam hal keluhan dan gejala. Umumnya memang keluhan yang dapat menjadi pertanda adanya PMS adalah sakit saat  buang air kecil,  keputihan, ataupun adanya luka atau bintil pada bibir kemaluan. Namun, seseorang mungkin saja tidak menunjukan gejala apapun meskipun terinfeksi. Selain itu, PMS pada wanita dapat menyebabkan gejala yang lebih serius yaitu penyakit radang panggul. Jika tidak diobati, keadaan ini dapat berujung pada kesulitan memiliki keturunan. 

Yang perlu Anda lakukan :

  • Menjaga kebersihan vagina dengan membersihkannya dari arah depan ke belakang (bukan sebaliknya)

  • Hindari berhubungan intim untuk sementara jika ingin berhubungan gunakan kondom

  • Jangan gunakan minyak-minyakan seperti minyak tawon dan sebaginya

  • Jaga kelembaban vagina dengan rutin mengganti pakaian dalam dan menghindari memakai pakaian dalam ketat

Untuk mengetahui bentol itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak. Saran kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar