Sukses

Mengatasi Wajah Bopeng Karena Cacar

05 Sep 2015, 09:47 WIB
Pria, 17 tahun.

saya 3 minggu yang lalu kena cacar dan ada bekas di wajah bopeng tapi cekung ke dalam itu bagaimana cara mengatasinya?apa bisa dengan salep atau dengan apa

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi), berlubang atau menjadi jaringan berlebih.

Untuk bekas luka yang bopeng / berlubang, disebut sebagai bekas luka atrofi. Pada jenis bekas luka ini, kandungan kolagen yang ada sangat kurang pada proses penyembuhannya. Bekas luka tumbuh menutupi luka, namun jumlah jaringan yang diproduksi tersebut tidak cukup memadai untuk menutupi area kulit yang rusak, sehingga cenderung tampak kempis atau cekung. Bekas luka atrofi umumnya timbul pada area wajah atau punggung akibat jerawat atau cacar air. Pada beberapa orang, bekas luka atrofi juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Luka atrofik umumnya akan memberikan respon yang baik terhadap perawatan topikal yang dirancang untuk meningkatkan produksi kolagen. Selain itu juga dapat dilakukan metode Mikrodermabrasi (menipiskan kulit di sekeliling luka), laser, atau pengelupasan kulit/chemical peeling.

Untuk mendapat penanganan yang tepat sesuai dengan jenis bekas luka anda, kami anjurkan anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit kelamin.

Dan untuk mencari dokter ataupun Rumah Sakit di daerah Anda, Anda dapat menggunakan fitur CARI DOKTER dan CARI RUMAH SAKIT pada kolom direktori Kami.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar