Sukses

Wajah Belang dan Berkomedo

06 Dec 2015, 19:33 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok saya mau menanyaiin sesuatu, ini loh kulit saya kan normal, tapi wajah saya komedoan di pipi, dagu kadang kalau saya biarkan gak diapa apain tuh komedonya jadi menghitam lalu kalau saya ngaca ke cermin jelas banget flek hitamnya , dan juga masalah 1 lagi kulit wajah saya tidak serasi warnanya nya dibagian dagu sampai dibawah hidung warnanya gelap seperti habis dicukur ( brewok ) padahal saya belum punya sih dok. Tolong bantuin saya ya dok bagaimana solusinya karena itu saya kurang percaya diri :)

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pori-pori kulit merupakan saluran keluar dari kelenjar minyak (sebum). Pori-pori yang besar akan mudah tertutup oleh keringat, minyak, kulit-kulit mati, debu, dll, sehingga saluran kelenjar keringat kulit menjadi tersumbat dan meradang. Anda perlu membersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari agar menghindari pembentukan komedo.

Komedo timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak (sebaceus gland), sehingga minyak yang dihasilkan (sebum) tidak dapat dialirkan keluar dan terbentuklah komedo. Sumbatan ini dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, akibat produksi minyak yang berlebih, atau akibat penggunaan kosmetik rias ataupun perawatan. Karena itu, cara paling tepat untuk menghilangkan komedo adalah dengan melakukan facial  (ekstraksi komedo) secara teratur setiap 2 minggu-4 minggu sekali. Kami sarankan agar anda melakukan facial (ekstraksi komedo) di dokter spesialis kulit atau di klinik kecantikan kuit yang disupervisi oleh dokter terlatih.

Untuk menghilangkan belang yang disebabkan karena sinar matahari maka bagian kulit tersebut harus dihindari dan dilindungi dari sinar matahari (misal: menggunakan topi atau, sun block). Bila terhindar dari sinar matahari untuk beberapa lama maka warna kulit akan berangsur kembali pada warna kulit semula/warna kulit asli.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

4 Jenis Makanan untuk Kulit

Kenali Jenis Kulit Anda

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Sunblock SPF 15 Sehat Untuk Kulit Daerah Tropis

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar