Sukses

Bagaimana Cara Menurunkan Leukosit?

09 Dec 2015, 10:28 WIB
Wanita, 23 tahun.

selamat siang dokter,... hari rabu sore anak saya badannya anget dok..Usia 5 bulan sekitar jam 7 suhunya 37, jam 11 39 derajat,hanya diberi paracetamol sama bidan. siangnya saya periksa ke lab dan ternyata leukositnya 11,6 katanya melebihi normal. apakah benar ?? bagaimana cara menurunkan leukositnya ? terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan data yang Anda berikan, hasil lab anak Anda menunjukkan peningkatan jumlah leukosit (normalnya 5000-10000/uL). Peningkatan jumlah leukosit dalam darah atau dalam istilah medis dikenal sebagai leukositosis dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti menunjukkan adanya proses infeksi, peradangan, reaksi alergi, keganasan sel darah putih (leukemia), penyakit keturunan maupun proses fisiologis akibat stres. 

Penegakan diagnosis penyakit oleh dokter didasarkan pada wawancara medis dan pemeriksaan fisik yang lengkap dan terarah serta dapat pula disertai dengan pemeriksaan penunjang. Hasil pemeriksaan laboratorium saja tidak dapat menegakkan diagnosis penyebab keluhan seseorang, karena laboratorium hanyalah pemeriksaan penunjang. Oleh sebab itu, kami sarankan anak Anda untuk diperiksakan kepada dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis terhadap anak Anda sehingga dapat ditentukan diagnosis pasti dan penanganan yang akan diberikan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, Semoga dapat bermanfaat.

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar