Sukses

Perdarahan di Anus

29 Jun 2015, 21:33 WIB
Pria, 20 tahun.

Malam dokter, beberapa bulan lalu saya pernah mengalami pendarahan saat buang air besar setelah ada yang mengganjal di daerah dubur. Memang ibu dan nenek menderita hemoroid. Sudah sekitar 1 minggu ini pendarahan saat buang air besar kembali terjadi saat mengejan. Sepertinya saya mendarita hemoroid internah, bagaimana cara memperingan pendarahan tersebut? Memang belum ada tonjolan keluar dari anus, tapi memang ada terasa hemoroid yang membengkak. Terima kasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda memiliki riwayat sering BAB keras sejak lama? Apakah darah berkaitan dengan saat Anda BAB keras? Bila Ya, maka kemungkinan besar benjolan tersebut memang merupakan wasir/ ambeien.

Adapun hemoroid interna berarti kelainan pembuluh darah vena masih terletak di dalam anus, dan tidak keluar sebagai benjolan. Adapun bila memang Anda hemoroid interna, maka seharusnya Anda tidak merasakan pembengkakan apapun. 

Ambeien atau wasir atau dalam dunia medis kami menyebutnya dengan hemoroid. Hemoroid dicetuskan oleh beberapa faktor risiko, salah satunya adalah sembelit atau konstipasi.

Ada beberapa pilihan terapi wasir, terkait dengan derajat keparahan wasir. Bila wasir yang dialami sesuai gejala Anda, maka berarti wasir termasuk derajat awal dan perlu perubahan gaya hidup. Berikut adalah perubahan gaya hidup yang dimaksud:

  • Konsumsi makanan berserat tinggi setiap hari.

  • Tingkatkan asupan cairan ke dalam tubuh minimal 8 gelas sehari (2 gelas saat bangun pagi, 4 gelas sepanjang hari, 2 gelas saat akan tidur). Konsumsi makanan yang kaya akan serat harus diimbangi dengan minum cairan dalam jumlah banyak. Peningkatan asupan cairan ke dalam tubuh tanpa diikuti oleh peningkatan asupan serat tidak akan memberikan pengaruh yang bermakna dalam mengatasi konstipasi.

  • Olahraga secara teratur

  • Jangan menunda keinginan untuk BAB.

Terapi untuk keadaan yang lebih berat termasuk penyuntikan wasir dengan zat sklerosan sehingga menyebabkan runtuhnya dinding pembuluh darah pada wasir. Terapi ini hanya berguna pada hemoroid yang masih kecil yaitu derajat I-II yang tidak sembuh dengan terapi konservatif (diet tinggi serat, tidak mengedan, krim hemoroid). Sekitar 77-86% hemoroid akan sembuh total atau tidak kembali seperti semula. Namun terapi ini sudah jarang dilakukan lagi di negara-negara maju karena risiko infeksi dan komplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan rektum.

Pada saat ini terapi non-operatif yang cukup banyak digunakan adalah Rubber Band Ligation yaitu karet yang diikatkan pada wasir sehingga jaringan wasir akan mengalami kematian yang pada akhirnya akan lepas sendiri bersamaan dengan buang air besar. Untuk wasir yang sudah sangat berat (benjolan keluar terus dan tidak pernah masuk kembali) maka operasi pembuangan wasir adalah pilihannya.

Namun apapun terapinya tidak akan berarti bila tidak disertai perubahan pola makan, olahraga, perilaku BAB. Hal ini disebabkan peluang kembalinya hemoroid erat kaitannya dengan pola hidup yang dijalani. Penyembuhan sempurna dari wasir adalah dengan melakukan terapi operatif dan perubahan gaya hidup yang telah dijabarkan diatas.

Adapun untuk mengurangi perdarahan maka Anda bisa mendapatkan obat penghilang perdarahan yang hanya bisa didapat dari resep dokter. Selain itu, kami menyarankan agar Anda juga melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter untuk memastikan diagnosis yang Anda alami karena penyebab keluar darah dari anus bisa diakibatkan oleh berbagai macam penyakit.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar