Sukses

LED Tinggi

23 Sep 2015, 21:34 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok, hasil lab tes darah saya hemoglobin 13.5, lekosit 6500 (basofil 0, eosinofil 1, batang 3, segmen 64, limfosit 25, monosit 7), laju endap darah 40, hematokrit 39, trombosit 355rb, eritrosit 4,8. Hasil tes yg tinggi LED yaitu 40. Apakah ini bahaya? Bagaimana menurunkannya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Laju endap darah (LED) adalah kecepatan sel darah merah berpresipitasi atau mengendap dalam jangka waktu 1 jam. Nilai LED mencerminkan ukuran cepatnya darah mengendap. Makin banyak sel darah merah yang mengendap maka nilai LED akan semakin meningkat. Peningkatan nilai LED tidak spesifik hanya terjadi pada satu penyakit saja. Terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan peningkatan nilai LED, yaitu:

  • Penyakit infeksi
  • Penyakit keganasan/kanker
  • Terjadi reaksi peradangan di tubuh
  • Pasien anemia/kurang darah
  • Orang normal : orangtua, perempuan, wanita hamil
  • Dll

Nilai LED tinggi dapat terjadi pada orang normal, dan sebaliknya seseorang yang menderita penyakit dapat memiliki nilai LED yang normal. Oleh sebab itu pemeriksaan ini tidak dapat berdiri sendiri dan hanya merupakan pemeriksaan penunjang setelah dilakukan wawancara dan pemeriksaan fisik oleh dokter.

Untuk dapat menormalkan nilai LED yang tinggi, tentu saja penyakit dasar/penyebab harus diobati sehingga nilai LED dapat kembali normal. Sebagai contoh, apabila terjadi infeksi demam tifoid/tifus, akan didapatkan nilai LED yang meningkat. Terapi untuk menurunkan nilai LED pada kasus ini tentu saja dengan mengobati penyakit dasarnya, yaitu demam tifoid. Begitu pula apabila terdapat anemia, maka anemia tersebut harus ditangani untuk menormalkan LED.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar