Sukses

Bau Kemaluan dan Selangkangan Hitam

26 Jun 2015, 11:52 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok,bagaimana cara mengatasi vagina yang bau tidak enak,padahal juga sering menggunakan sabun sirih tetapi bau tidak hilang,mohon infonya dok terimakasi.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah ada gejala lain seperti keputihan dan gatal? Bila ya, perlu dievaluasi penyebab infeksi vagina tersebut. Higienitas daerah kemaluan yang kurang baik juga dapat menyebabkan bau vagina yang tidak sedap. Vaginosis bakterialis yaitu pertumbuhan berlebihan bakteri yang normalnya ada dalam vagina merupakan penyebab tersering bau tidak sedap vagina.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bau tidak sedap tersebut antara lain:

  • Gunakan celana dalam yang terbuat dari katun
  • Hindari penggunaan celana yang sempit
  • Hindari produk yang menggunakan pewangi untuk membersihkan vagina
  • Ganti pembalut secara berkala
  • Makan buah dan sayuran secara teratur
  • Buang air kecil dan cuci segera kemaluan setelah berhubungan intim untuk membersihkan area vagina dari bakteri

Untuk memastikan penyebab vagina yang berbau sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau spesialis kulit dan kelamin.

Selanjutnya mengenai warna kehitaman pada selangkangan. Ada beberapa area di tubuh yang dapat berubah menjadi kehitaman, dan di dalam dunia kedokteran disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah perubahan hormonal, pemakaian pil KB (bagi wanita), kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit akibat berat badan berlebih. Akibat faktor pencetus ini maka akan terjadi peningkatan produksi pigmen pada melanosit. Peningkatan produksi pigmen pada sel kulit akan menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap daripada sekitarnya.

Selangkangan hitam dapat disebabkan pergesekan ketika berjalan (terutama jika kelebihan berat badan/obesitas), infeksi jamur, atau higiene yang kurang (penumpukan kulit mati). Warna ketiak yang hitam dapat disebabkan oleh karena terlihat akar rambut ketiak sehingga terlihat hitam, mencukur bulu ketiak, karena kotoran tubuh (daki), atau pergesekan. Sementara itu siku hitam biasanya terjadi karena pergesekan atau penumpukan kulit mati.

Mencerahkan kulit di bagian tersebut dapat dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Salah satunya adalah dengan penggunaan scrub, dermabrasi, mandi dengan spons, menurunkan berat badan, dan apabila terkait dengan infeksi jamur maka diperlukan obat jamur atas petunjuk dokter.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai kesehatan vagina:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar