Sukses

Bintik Kecil di Telapak Tangan

01 Jul 2015, 16:01 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok, 4 tahun yang lalu saya terkena alergi kata dokter yang menangani saya itu akibat ketidak cocokan sabun, setelah dikasih obat alhamdulillah sembuh, namun sekarang bekasnya pada telapak tangan saya mengerut bahkan ketika kering terlihat jelas sekali garis garis tangan yang tidak beraturan,dan sesekali juga terasa gatal, panas, dan muncul bintik bintik kecil yang didalamnya ada cairan, setelah dikasih salep itu bisa mengering, bagaimana untuk mengatasinya ya dok?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter. com.

Apakah Anda memiliki bakat alergi? Apakah hal ini baru pertama kali Anda alami atau sudah pernah sebelumnya? Apakah tangan Anda sebelumnya terpapar dengan bahan yang mungkin menyebabkan iritasi? seperti detergen, cairan pembersih lantai, pemutih pakaian, dll? Apakah sabun ini baru Anda gunakan pertama kali atau sudah pernah sebelumnya?

Sayang sekali informasi yang Anda berikan terbatas, sehingga kami belum dapat menentukan diagnosis ke arah penyakit Anda. Apabila jawaban pertanyaan di atas iya, maka kemungkinan yang Anda alami dermatitis kontak iritan atau dermatitis kontak alergi. Untuk menangani penyakit ini terapi paling utama adalah menghindari alergen atau pencetus. Sebelumnya Anda mencaritau dahulu alergen atau pencetus yang mungkin menyebabkan alergi, yang mana pada kasus Anda kemungkinan adalah sabun. Untuk mengurangi gejala dapat menggunakan pelembab hipoalergenik dan steroid oles seperti mometasone furoat.

Namun untuk penatalaksanaan sebaiknya dilakukan setelah ditegakkan diagnosis. Diagnosis dapat ditegakkan setelah pemeriksaan langsung oleh dokter. Anda dapat mengunjungi dokter umum atau dokter spesialis kulit kelamin untuk penatalaksanaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar