Sukses

Varikokel Kiri dan Nyeri Testis Kanan

29 Sep 2015, 21:10 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat malam dok saya ryan dr semarang,saya mau tanya dok buah pelir saya sebelah kiri kaya ada usus kecil2 dan agak keras kenapa ya? Dan satu lagi buah pelir sebelah kanan itu rasanya sering nyeri/sakit ringan namun sampai narik ke perut sebelah kanan. Mohon solusi dok? Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sulit bagi kami untuk memastikan penyebab keluhan Anda dengan informasi yang sangat terbatas. Dibutuhkan serangkaian pemeriksaan medis untuk dapat menegakkan diagnosis penyakit Anda, dan kemudian dapat ditentukan penanganan apa yang tepat dilakukan.

Saat ini, 'usus keras' pada salah satu sisi testis Anda kami asumsikan sebagai varikokel.

Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum (buah zakar) yang mempendarahi testis. Aliran darah di vena diatur dengan katup 1 arah yang mencegah aliran darah kembali. Fungsi katup yang terganggu atau penekanan dari pembuluh darah vena dapat menyebabkan pembesaran dari vena yang berujung terhadap pembentukan varikokel.

Penyebab dari varikokel ini diantaranya adalah idiopatik yang disebabkan karena fungsi katup vena yang tidak bekerja sempurna. Varikokel umumnya terjadi pada 15-20% pria dan penyebab gangguan kesuburan pada 40% pria. Penyebab lain adalah vakrikokel sekunder yang disebabkan oleh penekanan pada vena yang umumnya terjadi akibat keganasan di rongga panggul / perut. Biasanya terjadi pada pria di atas usia 40 tahun.

Pada pemeriksaan fisik dapat  terlihat adanya pembengkakan pada skrotum dan rasa nyeri serta rasa berat. Jika dipegang, dapat terasa seperti kita memegang kantung yang berisi banyak cacing.

Untuk memastikan apakah keluhan yang anda rasakan merupakan varikokel atau bukan sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung.

Dan untuk keluhan anda lainnya, Rasa nyeri pada buah pelir atau di dunia medis disebut testis dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti infeksi atau peradangan, trauma, torsio atau perputaran saluran sperma, dll. Sebelum mengetahui apa yang terjadi pada diri Anda, selain dari informasi mengenai keluhan yang dirasakan tentunya juga dibutuhkan pemeriksaan langsung untuk menentukan kondisi testis Anda dan organ di sekitarnya.

Anda dapat memeriksakan diri kepada dokter bedah atau urologi terdekat.

Dan untuk mencari dokter ataupun Rumah Sakit di daerah Anda, Anda dapat menggunakan fitur CARI DOKTER dan CARI RUMAH SAKIT pada kolom direktori Kami.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar