Sukses

Pipi Bengkak Karena Gigi Tumbuh

30 Sep 2015, 13:20 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, gigi bungsu saya tumbuh, rasanya sakit sekali. Semalam saya biarkan, paginya ketika saya bangun, tiba2 pipi saya sudah bengkak sekali dan terasa sangat sakit. Apakah solusi atas hal yg saya alami tersebut, Dok? Mohon penjelasannya, terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Gigi Molar (geraham) manusia ada 3 di masing-masing rahang, dan geraham ketiga yang letaknya di ujung rahang itu memang lazimnya baru tumbuh sekitar usia 18 tahun ke atas, maka itu sering disebut "wisdom tooth" atau gigi geraham bungsu. Karena tumbuhnya paling akhir di saat gigi lain sudah tumbuh, maka biasanya gigi tersebut tidak ada tempat untuk keluar ke rongga mulut dengan posisi normal seperti gigi lain.

Sangat banyak kasus-kasus gigi molar 3 tumbuh miring atau terhalang tulang (impaksi) dan pada sebagian besar menyebabkan timbulnya rasa sakit luar biasa hingga tidak dapat membuka mulut, atau ada juga yang tidak timbul keluhan sama sekali. Ada juga yang hanya tumbuh sebagian sehingga gusinya juga terbuka sebagian sehingga membentuk celah. Adanya celah ini menyebabkan makanan mudah terjebak dan sulit  dibersihkan hingga seringkali gusi di daerah mahkota gigi yang baru tumbuh sebagian tersebut bengkak dan sakit sekali.

Apabila ada pembengkakan pada jaringan sekitar gigi hingga menyebabkan pipi menjadi bengkak pula, Kami menyarankan agar sebaiknya Anda memeriksakan keadaan gigi tersebut untuk mendapatkan diagnosis yang pasti dan mendapatkan  perawatan yang diperlukan.

Berikut artikel yang dapat Anda baca.

Impaksi Molar Tiga

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar