Sukses

Kerontokan Pada Rambut Kepala dan Alis

30 Sep 2015, 12:47 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya dulu waktu SD mengalami kebotakan, waktu kelas 5 awalnya rontok dan pitak dibeberapa bagian namun setelah beberapa tahun rambut saya rontok semua, sampai rambut alis dimata pun ikut rontok. saat itu berbagai macam rumah sakit saya datangi namun hasilnya sama saja, kebanyakan dari mereka tidak memberikan diagnosa yg jelas, namun ad yg bilang kalu kemungkinan overdosis obat bius. Waktu SD kelas 2 saya operasi hernia, dan bius yg dipakai dulu bius total dan saya sadarnya jg agak lama. Sampai saya SMP dan SMA pun kondisinya sma, ketika rambut dikepala sudah tumbuh tidak lama kemudian rontok dan sebelum rambut tsb rontok kalo saya sisiran terasa sakit, selain itu dikepala saya ketombenya juga agak membandel. Tp alhamdulillah sekarang mulai pulih bahkan rambut alis mata saya juga mulai tumbuh setelah 7 tahun lebih, ketombenyapun sudah mulai hilang dan kerontokannyapun berkurang. Tp masih belum merata ad beberapa bagian rambut dikepala yg belum tumbuh sempurna begitipunbrambut alis. Kira2 bagaimana cara agar rambut saya bisa cepat tumbuh normal, merata dan kuat? m

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kondisi yang Anda alami dapat disebut sebagai alopesia.

Alopesia areata adalah suatu jenis kerontokan rambut yang bersifat ringan, yang umumnya dianggap sebagai penyakit autoimun. Kondisi ini memberikan gejala berupa bercak-bercak kebotakan pada kulit kepala, seringkali dalam area sirkuler, diberbagai lokasi yang berbeda.

Apabila melibatkan seluruh kulit kepala, disebut sebagai alopesia totalis. Sedangkan bila terjadi pada seluruh tubuh, disebut alopesia universalis (bentuk terparah dari alopesia areata).

Karena dapat disebabkan oleh autoimun, maka penanganan harus diberikan oleh dokter yang berkompeten dalam bidang tersebut. Kami anjurkan anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis Kulit kelamin untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Sementara itu, Untuk mensiasatinya, lakukan upaya berikut;

  • Hindari penggunaan sampo dan produk perawatan rambut lain yang bersifat kuat dan dapat menyebabkan rambut rontok. Jika terjadi kerontokan rambut secara signifikan sesudah menggunakan produk tersebut, hentikan penggunaannya segera.
  • Keringkan rambut yang basah dengan menepuk-nepuk dengan handuk atau diangin-anginkan.
  • Gunakan sisir bergigi jarang. Sisir bergigi rapat cenderung menyebabkan rambut mudah ketarik dan rontok.
  • Mulailah menyisir rambut secara lembut dari akarnya sehingga minyak yang dihasilkan secara alamiah oleh kulit kepala dapat tersebar merata diseluruh rambut.
  • Hindari tindakan penataan dan perawatan rambut yang dapat menyebabkan kerusakan rambut, misalnya pengepangan rambut yang ketat, pengeringan rambut dengan alat, dll.
  • Pada saat mencuci rambut, oleskan sampo pada rambut lalu pijat-pijat kulit kepala dengan ujung-ujung jari dan jangan menggaruk atau menggosoknya dengan kuku.
  • Kenakan topi atau tabir surya yang dilengkapi dengan SPF 15 atau lebih pada titik-titik dikepala yang mengalami kebotakan. Kebotakan akan meningkatkan resiko luka bakar akibat paparan sinar matahari dan kanker kulit.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar