Sukses

Flu dan Batuk Dahak Warna Hijau

15 Aug 2015, 21:04 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok saya flu dgn batuk (berdahak wrna khijauan) sdh lbh dr 1minggu ini blm smbuh jg disertai pusing tertekan di kpla terlebih saat batuk dn sujud, sakit d tlinga hingga pndngran terasa berkurang, benarkah ini hanya radang?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Influenza atau flu adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Influenza merupakan penyakit serius yang menyerang hidung, tenggorokkan dan paru-paru serta dapat mengakibatkan pneumonia. Gejala yang serius dan berat yang ditimbulkan oleh influenza ini biasanya terjadi pada pasien yang sudah dalam kondisi lemah, usia lanjut, atau mengidap penyakit kronik.

Virus influenza terdiri dari 3 jenis; tipe A, B, C. Virus tipe A sangat sering dijumpai dan biasanya menimbulkan epidemik serius. Tipe B juga dapat menimbulkan epidemik, tapi biasanya lebih ringan. Sedangkan virus flu tipe C tidak mengakibatkan epidemik yang luas.

Orang awam sering keliru menganggap penyakit salesma (batuk pilek) biasa sebagai flu, padahal sesungguhnya gejala dari kedua penyakit ini cukup berbeda.

Gejala yang biasanya dijumpai pada influenza adalah;

  • Pasien mengalami demam (>38celcius)
  • Dengan gejala batuk
  • Dapat disertai nyeri otot atau sendi, serta nyeri tenggorokkan

Bila anda mengalami batuk disertai dahak berwarna kuning, coklat atau hijau, maka anda mungkin terserang pneumonia (kondisi yang lebih berat dari flu).

Untuk memastikan kondisi anda saat ini diperlukan pemeriksaan lebih lanjut, untuk menentukan penyebabnya. Barulah kemudian dapat diberikan terapi yang sesuai.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar