Sukses

Keputihan Hijau dan Gatal

29 Sep 2015, 20:57 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo dok. Sya gadis usia 22 th. Sya mengalami gatal dan perih disertai noda kehijauan berbau amis pada vagina saya. Bawaannya mau pipis terus tapi perih dan gatal, Sangat tidak nyaman. Sudah seminggu ini sya mnglminya. Sblumnya sya jg pernah menglami hal yang sama disertai bentol2 di area selngkangan. Mohon jawbannya dok apa dan bagaimana agar saya dapat segera sembuh. Sya takut berdampak kedepannya. Terimakasih dan salam sukses

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keputihan yang mengalami perubahan warna dan disertai rasa gatal disebabkan karena adanya infeksi. Pada kasus Anda, dimana keputihan berwarna hijau, kemungkinan penyebabnya adalah parasit  trichomonas. Untuk mengetahui pasti penyebab dari infeksi, dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium sederhana terhadap cairan yang keluar dari kemaluan tersebut.

Kami menyarankan Anda langsung berkonsultasi dengan dokter umum, dokter spesialis kulit dan kelamin, maupun dokter spesialis kebidanan dan kandungan, untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung (dilihat langsung bagian dalam kemaluan) dan pemeriksaan laboratorium cairan yang keluar. Jika memang penyebabnya adalah parasit atau bakteri, obat yang diberikan berupa antibiotik seperti metronidazole yang dapat dibeli dengan resep dokter.

Apakah Anda pernah berhubungan seksual sebelumnya? Karena infeksi ini merupakan bagian dari Penyakit Menular Seksual (PMS), maka selama pengobatan, hubungan intim sebaiknya dihentikan sementara. Selain itu, jika memang ada, Pasangan seksual juga sebaiknya diperiksa untuk diobati. Pada pria, infeksi ini bisa tidak menunjukkan gejala, namun dapat menularkan pada pasangan, sehingga jika tidak diobati, walaupun Anda sudah sembuh, dapat tertular kembali oleh pasangan yang terinfeksi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar