Sukses

Penanganan Polip Hidung

29 Sep 2015, 19:53 WIB
Pria, 63 tahun.

Do, sy sblmnya polip di hidung sy sdh dioperasi, tp stlh beberapa thn polip itu muncul lg,sy sdh periksa ke dokter yg sama, ktnya sy hrs dioperasi lg, yg ingin sy tnykan, dan haruskah melakukan operasi, bisa sembuhkah sy jika hanya maaf konsumsi obat herbal saja, mhn pnjelasan trimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Polip nasi atau polip hidung adalah kelainan selaput permukaan hidung berupa massa lunak yang bertangkai, berbentuk bulat atau lonjong, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan licin dan agak bening karena mengandung banyak cairan.

Kelainan pada hidung biasanya timbul karena manifestasi dari penyakit yang lain dan tidak berdiri sendiri, penyakit ini sering dihubungkan dengan astma, rhinitis alergika, dan sinusitis, di luar negeri sendiri penyakit ini sering dihubungkan dengan seringnya penggunaan aspirin.

Pengobatannya berupa terapi obat-obatan dan operasi. Terapi medikamentosa ditujukan pada polip yang masih kecil yaitu pemberian kortikosteroid sistemik yang diberikan dalam jangka waktu singkat, dapat juga diberiksan kortikosteroid hidung atau kombinasi keduanya. Tindakan pengangkatan polip dapat digunakan menggunakan senar polip dan anestesi lokal. Untuk polip yang besar dan menyebabkan kelainan pada hidung, memerlukan jenis operasi yang lebih besar dan anestesi umum.

Untuk penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi penyakit Anda, kami anjurkan Anda memeriksakan diri langsung kepada dokter spesialis THT terdekat.

Kami lampirkan berbagai artikel kesehatan untuk Anda baca:

Semoga informasi ini membantu.

 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar