Sukses

Penyebab Terlambat Haid dan Solusi Keputihan

25 Sep 2015, 21:56 WIB
Wanita, 22 tahun.

malam dok, saya mau tanya 24 april kemarin saya menjalani operasi laparoskopi karena ada tuba blocked kanan kiri, terakhir saya haid sebelum operasi tgl 15april. kenapa ya dok sampai sekarang saya belum haid juga ? sebelum operasi saya 2x haid selalu telat 2 bulan. dan setelah operasi ini kenapa saya sering keputihan sampai gatal ya dok, hasil lab papsmear ada candida di mulut serviks saya dok. sudah 2x cek dokter tapi keputihan kembali lagi, kira2 obat yang bagus apa ya dok ? terima kasih,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Penyebab terlambat haid ada banyak sekali. Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Atlet
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Apakah setelah operasi anda telah melakukan pemeriksaan kontrol kepada dokter kandungan anda?

 

 

Sedangkan mengenai keluhan keputihan Anda, Kandidiasis merupakan istilah yang dipakai untuk infeksi jamur dari spesies Candida (Candida sp.), dengan jenis yang paling sering ditemukan adalah Candida albicans. Jamur ini dapat ditemukan dalam keadaab normal dalam jumlah kecil pada mulut, vagina, saluran pencernaan, dan kulit.

Dalam keadaan sehat, terdapat kuman lain dan sistem pertahanan tubuh yang menjaga berbagai kuman normal tubuh manusia. Bagaimanapun, pada keadaan dimana daya tahan tubuh menurun Kandida akan semakin mudah berkembang dan menyebabkan infeksi pada organ tempat jamur tersebut berkembang secara normal. Faktor-faktor yang memengaruhi antara lain adalah diabetes, kehamilan, kekurangan zat besi, asam folat dan vitamin B12, kemoterapi, stres, serta penggunaan steroid jangka panjang.

Pengobatannya tentunya akan disesuaikan dengan kondisi pasien dan kondisi penyakit itu sendiri, lama penyakit, derajat beratnya penyakit, dll. Untuk itu, kami sarankan Anda kembali berdiskusi dengan dokter Anda menganai rencana terapi penyakit ini.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar