Sukses

Penanganan Undesensus Testis

19 Jun 2015, 15:48 WIB
Wanita, 0 tahun.

Aw w.. Dok saya punya anak laki-laki umur 2tahun tinggi 85cm berat badan 11,5 kg. Salah satu testisnya itu masuk kedalam gitu dok. terus saya konsultasi ke dokter, 2dokter diantaranya berkta harus segera dibedah. lalu saya konsultasi lagi, trus diperiksa USG scotrum. hasilnya lokasi testis kanan : kiri 0,58 cm: 0,57cm dan kesimpulannya "undescensus testis kanan kiri." Pertanyaannya, apa yang seharusnya saya lakukan dok? thx

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Salam kami untuk Anak Anda tercinta.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Pada cryptorchidism/undesensus testis (UDT), testis akan turun dengan sendirinya pada usia di bawah 1 tahun, namun jika setelah 1 tahun testis tidak turun maka diperlukan penanganan terapi hormon atau pembedahan.

Terapi hormon 

Terapi hormon menggunakan suntikan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang dapat merangsang testis turun ke dalam skrotum. Namun penanganan ini kurang efektif bila dibandingkan dengan tindakan operasi. 

Operasi. 

Operasi dilakukan dengan cara Laparoskopi, yaitu dengan memasukkan selang kecil yang memiliki kamera di ujungnya, dengan terlebih dahulu membuat sayatan kecil pada perut pasien. Laparoskopi juga dapat menentukan apakah terdapat testis atau tidak di dalam tubuh pasien. Atau dilakukan dengan bedah terbuka yaitu operasi langsung pada perut pasien atau di daerah sekitar selangkangan dengan membuat sayatan besar untuk mengembalikan testis pada tempatnya

Jika tidak segera didiagnosis dan dilakukan penanganan yang tepat karena undesensus testes dapat menyebabkan timbulnya infertilitas dan keganasan dalam perkembangannya.

Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter bedah agar anak Anda dapat segera dilakukan tindakan untuk mengatasi Undesensus testis tersebut.  Pembedahan yang dilakukan sejak dini ketika kasus UDT baru diketemukan akan dapat mencegah terjadi kerusakan testis yang lebih parah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar