Sukses

Kaki Kram Saat Cuaca Dingin

24 Nov 2015, 20:43 WIB
Wanita, 23 tahun.

selamat siang dok.. saya ingin bertanya, kaki saya klo dalam keadaan cuaca dingin jadi kram dan sakit, itu kenapa dok??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keram betis biasanya berlangsung selama beberapa menit, namun pada beberapa kasus dapat bertahan sampaai 10 menit. Biasanya kram ini muncul pada saat beristirahat – umumnya malam hari sewaktu tidur. Penyebab primer umumnya tidak diketahui. Satu teori menyebutkan bahwa kram muncul ketika otot yang sudah berada posisi memendek, distimulasi untuk berkontraksi. Karena otot tersebut sudah dalam keadaan memendek, kontraksi (pemendekan serabut otot) lebih jauh lagi akan menyebabkan otot tersebut spasme. Hal ini umumnya terjadi pada malam hari, saat tiduran dimana posisi lutut sedikit tertekuk, dan kaki sedikit menghadap bawah. Pada posisi ini otot betis relatif memendek dan lebih rentan terhadap kram. Karena itu latihan stretching dapat mengatasi masalah ini.

Sedangkan kram kaki yang hanya terjadi ada saat suhu lingkungan dingin, terjadi karena pembuluh darah mengkerut untuk mempertahankan panas dalam tubuh, akibatnya suplai darah ke otot pun berkurang, sehingga energi tidak sampai ke otot, timbulah gejala kram.

Beberapa cara untuk mencegah kram betis adalah:

  • Minum banyak cairan tiap hari (minimal 8 gelas per hari)
  • Batasi konsumsi alkohol atau kafein, karena dapat membuat kita dehidrasi (tubuh kehilangan banyak cairan).
  • Makan makanan yang kaya mineral kalsium, kalium, dan magnesium seperti buah-buahan (pisang, anggur, jeruk) dan sayuran, kentang, jagung, tomat
  • Konsumsi suplemen kalsium (Calc)
  • Regangkan otot betis beberapa menit sebelum tidur (tarik jari-jari kaki ke arah lutut, tungkai dalam keadaan lurus)

Untuk menghentikan kram saat terjadi, Anda dapat berjalan keliling kamar, regangkan otot dengan cara yang sama seperti di atas, atau kompres hangat atau dingin. Jika dengan cara-cara pencegahan dan penanganan di atas, kram terus muncul, sebaiknya Anda berobat ke dokter untuk disingkirkan penyebab kram yang lain.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar