Sukses

Keluar Cairan dari Payudara Saat Hamil

19 Jun 2015, 14:06 WIB
Wanita, 22 tahun.

siang dok,mohon infonya saya hamil sudah 6 bulan, sewaktu saya ngebersihin puting payudara kana saya tiba - tiba ada cairan bening kental menetes,cairan apa itu dok? tetapi pada payudara kanan saya ada sedikit benjolan di dalam, beberara waktu ini payudara kanan saya terasa kencang dan nyeri,tetapi tidak ada kerutan atau seperti lesung pipi, untuk benjolan itu sendiri saya mengetahuinya sudah hampir 1 tahun, yang saya tanyakan cairan itu berbahaya atau proses asi dok?terimakasih mohon info nua dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Pada tubuh wanita hamil akan terjadi beberapa perubahan, termasuk diantaranya adalah payudara. Payudara akan mengencang dan membesar, daerah sekitar puting dan puting susu Anda akan bewarna lebih gelap, dan karena terjadi peningkatan persediaan darah keseluruh tubuh maka daerah sekitar payudara akan tampak bayangan pembuluh-pembuluh vena dibawah kulit payudara Anda.

Pada minggu ke 12-14 kehamilan, atau  terutama pada trimester ketiga, seorang wanita hamil dapat menemukan payudaranya mengeluarkan cairan. Cairan ini disebut kolostrum, yaitu cairan yang memberikan nutrisi terlengkap untuk bayi Ibu pada beberapa hari pertama kelahiran sebelum ASI dibentuk. Kolostrum tersebut keluar pada wanita hamil karena pijatan atau rangsangan seksual. Jadi Ibu tidak usah khawatir karena cairan yang keluar dari payudara Ibu adalah cairan kolostrum. Cairan yang keluar dari puting patut dicurigai apabila terjadi pada wanita yang sedang tidak hamil dan cairan tersebut keruh atau berupa darah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar