Sukses

Cara Penularan HIV

24 Sep 2015, 23:07 WIB
Pria, 29 tahun.

Dear Dokter, Saya tinggal bersama dengan salah satu saudara yang merupakan ODHA, yang ingin saya tanyakan: 1. Bagaimana cara penulasan virus HIV? 2. Apa yang harus saya lakukan untuk menghindari penularan HIV tersebut? 3. Apakah virus tersebut dapat menular jika kita sharing kamar mandi dan peralatan makan? 4. Apakah berbahaya apabila ODHA bersentuhan dengan bayi yang baru berusia 1 tahun? Terima kasih Regard Rendy

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Beberapa cara penularan HIV adalah melalui darah, melalui cairan mani/vagina, dan dari Ibu ke Anak. Bila tidak ada kontak dengan darah (misalnya pertemuan luka dengan luka) dan tidak ada pertukaran cairan vagina/mani maka resiko untuk tertularnya HIV tidak ada.

Pada kasus yang jarang, HIV ditularkan memalui penggunaan alat mandi atau alat makan secara bersama. Namun virus HIV tidak dapat hidup lama di luar tubuh. Bila anda curiga alat mandi anda terkontaminasi darah atau cairan tubuh penderita HIV dalam jumlah kecil, maka anda perlu melihat ada tidaknya gejala HIV awal yang anda alami. Jika ada, segeralah memeriksakan diri kepada dokter terdekat. Dokter kemudian akan mengarahkan pemeriksaaan apa saja yang perlu anda lakukan untuk melihat kemungkinan anda tertular HIV atau Tidak.

Kami sertakan artikel terkait berikut;

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar