Sukses

Minum Air Dingin Dan Soda Saat Menstruasi

30 Dec 2015, 07:16 WIB
Wanita, 24 tahun.

dok saya mau tanya,apakah minum air dingin dan yang bersoda pada saat menstruasi dapat menyebabkan kista??mohon penjelasannya dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Menjawab pertanyaan Anda 'apakah minuman es dan bersoda yang dikonsumsi ssaat menstruasi menyebabkan kista?' jawabannya adalah tidak. Untuk itu Anda perlu mengenali penyebab kista itu sendiri. 

Kista rahim dalam medis disebut dengan kista endometrium atau endometrioma atau kista cokelat. Kista jenis ini terbentuk dari adanya endometriosis. Sedangkan endometriosis sendiri adalah suatu penyakit dimana jaringan endometrium yang normalnya terdapat di uterus/rahim ternyata juga terdapat di bagian lain. Selama perjalanannya, kista dapat terus berkembang dan dapat menjadi sebesar buah anggur. 

Gejala yang mungkin dirasakan sangat bervariasi; mulai dari tidak ada gejala hingga rasa keram yang hebat saat menstruasi, nyeri saat bersenggama atau nyeri selama pergerakan usus. Jika kista endometrium robek, maka isinya akan keluar ke rongga panggul, dan dapat menyebabkan perdarahan dalam. Keadaan ini selanjutnya dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut yang kemudian menimbulkan rasa sakit dan permasalahan dalam infertilitas/kesuburan.

Penyebab kista rahim itu sendiri hingga saat ini belum diketahui pasti. Namun, Pertumbuhan kista dapat dipengaruhi sistem hormonal, bukan oleh minuman dingin aatau bersoda.

Selain air dingin dan minuman bersoda, juga terdapat mitos saat menstruasi lain yang berkembang dalam masyarakat. Topik ini telah kami bahas dalam salah satu artikel kesehatan kami. Anda dapat melihat informasi lengkapnya,  Disini.

Berikut artikel lain untuk menambah informasi Anda: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar