Sukses

Jari Kaki Gatal, Bersisik dan Kering

07 Jul 2015, 14:49 WIB
Pria, 20 tahun.

permisi dok. jadi gini ceritanya. minggu lalu, sela2 jari kaki saya gatal dan kering serta bersisik, terutama jari tengah pada kaki. namun, beberapa hari setelahnya gatal itu menghilang. tapi selang beberapa hari kemudian, kejadian yg lebih parah malah menghadapi saya. muncul seperti kulit melepuh di bagian bawah jari dan tepi kuku dan setelahnya (kira2 1-2 jam) meletus dan bernanah. orang tua saya bilang ini kutu air, jadi saya harus kasih minyak gosok cap "tawon" aja. ternyata, minyak tawon pun tidak ada hasil yg signifikan. sudah 2 hari ini saya sudah coba rendam dengan campuran air hangat + rivanol + garam untuk menghilangkan rasa nyeri serta perihnya dan terakhir saya kasih minyak tawon lagi + dikompres dengan kain kassa steril. namun, tetap saja tidak ada hasil yg signifikan. tadi, kira2 jam 11, saya rendam pakai campuran air hangat + rivanol + garam + terakhirnya betadine tanpa dikompres dengan kain kasa. luka saya lumayan mengering. namun meninggalkan rasa panas dan perih yg luar biasa. yang mau saya tanyakan adalah, sudah benarkah cara saya atau saya memang salah? dan yg menjadi "major question"-nya adalah, bagaimana cara mengobatinya agar cepat sembuh? tq dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Keluhan di kulit telapak kaki dengan tampakan seperti kutu air dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Kemungkinan penyebab masih cukup banyak, dapat akibat dermatitis, infeksi jamur, atau infeksi lain.

  1. Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan).
  2. Infeksi jamur pada kaki (tinea pedis)--> keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembab dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan.

Karena kemiripan jenis kelainan kulit maka diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter dengan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung. Bila diperlukan, dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang (laboratorium). Untuk itu jika keluhan dirasa mengganggu, kunjungilah dokter untuk diagnosis tepat dan penanganan medis yang sesuai.

Sebaiknya anda menghindari penggunaan obat-obat yang dibeli sendiri tanpa saran dokter, untuk menghindari kesalahan dalam penggunaan obat dan mencegah perburukan dari gejala penyakit akibat kesalahan dalam penggunaan obat tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar